Tak Hanya Bikin Cantik, Ternyata Make Up Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi seseorang yang merasa senang saat merias diri (Pixabay)
Health
Nasional

Tak Hanya Bikin Cantik, Ternyata Make Up Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Senin, 18 Oktober 2021 08:40 WIB 18 Oktober 2021, 08:40 WIB

INDOZONE.ID - Penggunaan make up memiliki arti tersendiri bagi setiap orang. Ada orang yang menggunakan make up dengan alasan tuntutan pekerjaan, demi menyokong kepercayaan diri atau sekadar untuk menyenangkan diri sendiri.

Tapi tahukah Anda make up sebenarnya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan mental? Jika belum, berikut Indozone telah merangkum informasinya untuk Anda.

1. Meningkatkan kepercayaan diri
Ini adalah dampak yang paling umum yang utamanya dirasakan banyak orang setelah memakai make up. Bahkan manfaaft ini telah dibuktikan oleh  sebuah penelitian yang menunjukkan memakai riasan benar-benar meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita dan membuatnya merasa lebih pintar juga.

Fenomena psikologis ini lebih dikenal sebagai 'lipstick effect'. Dimana seseorang yang memakai riasan akan cenderung merasakan kepercayaan diri yang meningkat. 

2. Membuat diri makin kreatif
Merias wajah juga merupakan kegiatan kreatif. Kegiatan ini sebanding dengan aktivitas melukis, mengisi teka-teki silang, ataupun membuat kerajinan tangan.

3. Memberikan semangat
Kegiatan memakai make up akan memberikan energi yang lebih bagi tubuh. Hal ini memberikan dampak positif bagi Anda. Saat bermake-up Anda akan dituntut untuk mengambil keputusan bagian wajah mana yang ingin Anda tampilkan. Dan bila hasil make nya sesuai keinginan hal tersebut tentu kan memberikan semangat yang lebih baik Anda saat menjalani hari.

4. Memberikan waktu bagi diri sendiri
Sebagaimana dilansir Her World Online, menghabiskan setiap pagi untuk merias wajah memberikan dampak yang baik bagi kesehatan mental. Dimana di waktu ini anda akan fokus dengan diri sendiri dan mungkin merupakan cara terbaik untuk memulai hari sebelum terjebak dengan tekanan yang datang dari kehidupan.

5. Terapeutik
Rutinitas merias wajah juga bisa menjadi bentuk terapi. Beberapa orang mungkin lebih suka sesi meditasi namun sesi merias juga bisa menjadi batu untuk menjernihkan pikiran . Saat mencoba tutorial make up bisa membuat Anda bahagia maka Anda akan fokus dengan diri sendiri sehingga membantu Anda melupakan kekhawatiran.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US