5 Manfaat Tersembunyi Buah dan Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan
Buah jambu biji (Pixabay)
Health
Nasional

5 Manfaat Tersembunyi Buah dan Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

Sabtu, 20 November 2021 08:00 WIB 20 November 2021, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Jambu biji adalah salah satu dari banyaknya jenis buah jambu yang memiliki banyak penikmat. Pohon buah ini asalnya dari Amerika Tengah. Buahnya berbentuk lonjong dengan kulit hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan.

Mengutip dari laman Healthline, buah jambu biji sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, kalium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya itu daun jambu biji juga memiliki banyak khasiat.

Apa sajakah itu? Berikut ini 5 manfaat buah dan daun jambu biji bagi kesehatan.

1. Membantu meringankan nyeri menstruasi
Nyeri menstruasi menjadi masalah yang paling umum yang dialami banyak wanita. Dalam istilah medis masalah ini dikenal dengan nama dismenore, yakni gejala nyeri haid, seperti kram perut.

Beruntung dalam sebuah penelitian ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri akibat kram menstruasi.

Sebuah penelitian pada 197 wanita yang mengalami gejala nyeri menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari mengurangi intensitas nyeri.

Lebih jauh, penelitian berjudul “Effect of a Psidii guajavae folium extract in the treatment of primary dysmenorrhea: a randomized clinical trial” tersebut mengungkapkan bahwa efeknya lebih kuat daripada beberapa obat penghilang rasa sakit.

2. Menjaga sistem pencernaan
Studi berjudul “Psidium guajava: a review of its traditional uses, phytochemistry and pharmacology” menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji bersifat antimikroba sehingga dapat menetralkan bakteri berbahaya di usus yang dapat menyebabkan diare.

3. Membantu menurunkan berat badan
Jambu biji adalah makanan yang dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena jambu biji mengandung kalori yang rendah. Jika sedang diet, buah ini sangat disarankan sebagai pengganti camilan.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Jambu biji mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Satu jambu biji menyediakan sekitar dua kali lipat Reference Daily Intake (RDI) untuk vitamin C.

Jumlah ini hampir dua kali lipat lebih banyak daripada makan jeruk. Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

5. Baik untuk kesehatan kulit
Berbagai macam vitamin dan antioksidan yang ada dalam jambu biji dapat menjaga kesehatan kulit. Antioksidan di dalamnya dapat melindungi kulit dari kerusakan yang dapat memperlambat proses penuaan sehingga membantu mencegah keriput.

Terlebih lagi, ekstrak daun jambu biji bahkan dapat membantu mengatasi jerawat saat dioleskan langsung ke kulit. Satu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif membunuh bakteri penyebab jerawat karena sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dimilikinya.
 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US