Agar Tak Jadi Sumber Virus dan Bakteri, Berikut Tanda Masker Harus Diganti
Ilustrasi masker. (Pixabay)
Health
Nasional

Agar Tak Jadi Sumber Virus dan Bakteri, Berikut Tanda Masker Harus Diganti

Jumat, 29 Januari 2021 15:27 WIB 29 Januari 2021, 15:27 WIB

INDOZONE.ID - Meski vaksinasi Covid-19 sudah mulai dilakukan, menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker harus tetap dilakukan.

Sebuah hasil studi dari Prosiding National Academy of Sciences pada Desember 2020 menunjukkan bahwa mengenakan masker dapat mengurangi pertumbuhan infeksi harian sekitar 47 persen.

Namun, masker malah bisa menjadi sumber virus dan bakter jika salah dalam menggunakannya.

Untuk itu, berikut tanda-tanda bahwa sudah seharusnya kamu mengganti masker. Melansir Antara, mengutip Livestrong, Jumat (29/1).

Sudah tidak nyaman dipakai

Periksalah masker apakah tali masker mulai melukai telinga, kehilangan elastisitas, atau tidak lagi bisa menutupi mukut dan hidung. Jika kondisi demikian, maka sudah waktunya kamu mengganti masker.

Masker robek

Proses pencucian dan pengeringan masker yang dilakukan secara berulang dapat menyebabkan kain robek, muncul lubang, dan longgar.

Picu masalah kulit wajah

Masker dapat menyebabkan atau memperburuk sejumlah masalah kulit, termasuk ruam alergi, kulit kering, jerawat, rosacea dan eksim. Oleh karena itu, rutin lah mencuci masker atau menggantinya dengan yang baru.

Masker yang tidak dicuci selama seminggu

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan bahwa masker harus dicuci setelah digunakan setiap harinya. Masker yang tidak dicuci akan menjadi sumber bakteri dan virus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US