Orang Tua Harus Tahu, Ini 3 Cara Biar Anak Tak Kecanduan Main Gadget
Ilustrasi anak yang bermain gadget (Pixabay)
Health
Nasional

Orang Tua Harus Tahu, Ini 3 Cara Biar Anak Tak Kecanduan Main Gadget

Kamis, 11 November 2021 07:30 WIB 11 November 2021, 07:30 WIB

INDOZONE.ID - Gadget memiliki banyak manfaat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Namun manfaat itu juga disertai dengan dampak negatif yang tak sedikit, khususnya bagi anak.

Lahir di tengah banjirnya perangkat pintar membuat anak memiliki interaksi yang intens dengan gadget. Hal ini tentu membuat orang tua sedikit kualahan.

Ditambah lagi dengan tuntutan penggunaan gadget untuk belajar membuat pembatasan waktu ini semakin sulit.

Lalu, bagaimana cara orangtua agar mudah mengatur waktu pemakaian gadget anak. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan seperti yang dikutip Indozone dari laman Times of India, Kamis (11/11/2021).

1. Jangan berikan gadget di usia dini
Studi menyebutkan bahwa anak memiliki masalah kecanduan gadget ketika mereka dikenalkan pada gadget sejak kecil. Jadi untuk menghindari masalah ini, jangan berikan gadget pada mereka saat masih kecil.

Jika sudah terlanjur, coba alihkan perhatian anak dari gadget. Jangan biasakan memberikan perangkat pintar tersebut saat mereka ngambek.

Sebaiknya, bacakan mereka cerita. Studi menunjukkan, membacakan cerita dibanding memberikan ponsel akan menghindarkan mereka dari kecanduan.

2. Dampingi anak saat bermain gadget
Jangan pernah membiarkan anak usia dini bermain gadget sendirian. Sebaiknya orang tua mendampingi mereka saat bermain gadget. Dengan begitu orang tua bisa mengawasi apa saja yang diakses anak di piranti teknologi tersebut.

Selain itu orang tua juga harus memberikan batasan waktu. Sehingga aktivitas anak tidak hanya terpaku pada layar gadget.

3. Jangan biarkan anak main gadget saat menjelang tidur
Studi menunjukkan bahwa bermain gadget menjelang tidur bisa mengganggu tidur anak. Sinar biru dari layar gadget membuat otak aktif dalam waktu lama.
Ini juga akan memicu rasa kecanduan bermain gadget pada anak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US