Baru Pulang dari Luar Negeri, Seorang Warga Sibolga Dikarantina
Kadis Kesehatan Kota Sibolga, Firmansyah Hulu saat memberikan penjelasan terkait karantina yang dilakukan kepada satu orang warga Sibolga yang baru pulang dari luar negeri. Menurut Kadis, kesehatan yang bersangkutan dalam keadaan baik. (ANTARA/Jason Gulto
Health
Kota Sibolga

Baru Pulang dari Luar Negeri, Seorang Warga Sibolga Dikarantina

Rabu, 12 Februari 2020 16:28 WIB 12 Februari 2020, 16:28 WIB

INDOZONE.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sibolga melakukan karantina terhadap seorang warga Sibolga berinisial TSM (34) yang baru pulang dari luar negeri. TSM dikarantina sejak tanggal 4 Februari 2020.

Kadis Kesehatan Kota Sibolga, Firmansyah Hulu mengatakan bahwa kondisi kesehatan TSM (34) dilaporkan dalam keadaan baik. TSM akan menjalani karantina hingga tanggal 15 Februari 2020. Setelah itu, ia diperbolehkan beraktivitas dengan orang-orang.

“Informasi yang kami terima dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan, Wilayah kerja Sibolga yang menyebutkan, ada warga Sibolga baru pulang dari luar negeri tanggal 4 Februari 2020 kemarin. Sementara WNI itu sendiri terbang dari Tiongkok tanggal 1 Februari menuju Bangkok. Dan dari Bangkok terbang ke Kuala Namu tanggal 2 Februari 2020. Nah, setelah kita mendapat informasi itu, tim kesehatan langsung melakukan pemeriksaan suhu badan dan kondisi kesehatannya,” terang Firman.

Firman mengatakan bahwa meskipun dalam kondisi sehat, namun TSM tetap harus menjalami karantina. Hal ini berdasarkan peraturan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI.

“Setiap dua hari sekali selalu kita pantau kondisi kesehatannya dan juga keluarganya. Dan selama karantina yang bersangkutan dilarang ke luar rumah dan wajib memakai masker. Hal itu dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku demi menjaga kesehatan yang bersangkutan dan dan keluarga. Dan sampai saat ini kondisi yang bersangkutan baik-baik saja dan tidak ada yang mencemaskan,” sebut Kadis.

Dalam kesempatan itu, Firman juga menyampaikan kepada masyarakat dan awak media agar tidak menyebarkan informasi yang salah mengenai karantina dan virus korona. TSM sendiri sudah menjalani pengawasan ketat sejak tiba di Bandara Kualanamu.

“Kami juga meminta kepada rekan-rekan media untuk memberikan informasi yang benar dan sejuk kepada masyarakat. Karena yang bersangkutan sudah terlebih dahulu melewati pengawasan ketat dari tim kesehatan Bandara Kualanamu, makanya diizinkan pulang ke Sibolga. Dan sesuai aturan, pengawasan wajib dilakukan kepada yang bersangkutan dan keluarganya,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU