Antisipasi Corona, UMSU Bentuk Tim Peduli Pandemi
Wakil Rektor III UMSU, Dr Rudianto. (ANTARA/HO)
Health
Kota Medan

Antisipasi Corona, UMSU Bentuk Tim Peduli Pandemi

Sabtu, 14 Maret 2020 15:15 WIB 14 Maret 2020, 15:15 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona, UMSU membentuk Tim Peduli Pandemi Corona. Tim ini akan melakukan sosialisasi ke warga dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor III UMSU, Dr Rudianto, di Medan, Sabtu (14/3/2020). Tim ini juga dibentuk berdasarkan surat edaran Rektor UMSU dalam mengantisipasi wabah virus corona.

"Tim yang nantinya melibatkan unsur dari Fakultas Kedokteran dan tenaga kesehatan di rumah sakit umum Muhammadiyah Sumut ini akan bekerja melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan pemerintah guna mengantisipasi sejak dini penyebaran virus corona di lingkungan kampus maupun masyarakat," katanya.

Rektor UMSU mengimbau para civitas akedemikanya agar menunda perjalanan ke luar negeri terutama ke negara-negara terdampak virus corona. Kemudian bagi mereka yang baru saja pulang dari luar negeri, diharapkan agar membatasi interaksi dengan para civitas akademika UMSU dan masyarakat lainnya.

"Jika dalam masa 14 hari tersebut mengalami demam, batuk, pilek, sesak dan lainnya yang menunjukkan gejala COVID-l9, mohon untuk segera periksa ke RSUP H. Adam Malik Medan dan mengirimkan hasil check-up via email ke baum@umsu.ac.id," katanya.

Rudianto menambahkan, Tim Peduli Pandemi Corona ini akan aktif melakukan upaya kewaspadaan influenza termasuk SARS dan COVID-l9 dengan penyebaran informasi (literasi kesehatan) tanpa membuat panik masyarakat. Untuk mengantisipasi wabah virus corona ini, UMSU telah  menyediakan fasilitas cuci tangan menggunakan sabun atau hand rub berbasis alkohol di setiap ruangan/tempat-tempat strategis.

Kemudian para cleaning service diminta agar lebih sering membersihkan tempat-tempat yang sering terpegang tangan seperti meja (terutama pada ruang-ruang rapat), gagang pintu, gagang jendela, papan tombol lift, pegangan/rel tangga, dan lain-lain. Pembersihan ini dilakukan dengan menggunakan disinfektan (larutan kaporit 0.1°o sesuai standar WHO).


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US