Tak Hanya Pakai Deodoran, Ini Cara Lain yang Ampuh Usir Bau Badan
Ilustrasi seseorang yang terganggu akibat bau badan (Pixabay)
Health
Nasional

Tak Hanya Pakai Deodoran, Ini Cara Lain yang Ampuh Usir Bau Badan

Minggu, 03 Oktober 2021 15:30 WIB 03 Oktober 2021, 15:30 WIB

INDOZONE.ID - Bau badan menjadi permasalahan yang tak bisa diabaikan begitu saja. Bau tak sedap ini umumnya tercipta karena ada interaksi antara bakteri dengan keringat di permukaan kulit tubuh. Bakteri diketahui memecah protein dalam keringat menjadi asam yang akhirnya menimbulkan bau tak sedap.

Di samping itu, penyebab lain seperti status kesehatan, konsumsi makanan tertentu, hingga seberapa banyak rambut yang ada dekat kelenjar keringat, juga turut mempengaruhi munculnya bau badan.

Namun tak perlu khawatir, berikut Indozone telah merangkum beberapa tips yang terbukti dapat mencegah bau badan.

1. Gunakan Antiperspirant atau Deodoran
Menggunakan antiperspirant atau deodoran adalah solusi yang paling utama untuk mencegah bau badan. Dengan mengoleskan beberapa antiperspirant atau deodoran di pagi hari dan sebelum tidur, kamu bisa menutupi bau tak sedap yang ditimbulkan keringat. Kamu tidak dapat menemukan produk yang paling cocok buatmu sebelum mencoba terlebih dhulu atau berkonsultasi dengan dokter.

2. Mandi dengan sabun antibakteri
Mandi dengan menggunakan sabun anti bakteri juga menjadi cara yang ampuh atasi permasalahan bau badan. Hal ini dikarenakan sabun antibakteri memang dirancang untuk mengurangi bau tak sedap yang dihasilkan bakteri di tubuh. 

Oleh karena itu, saat menggunakan sabun jenis ini luangkanlah waktu untuk mencuci secara menyeluruh area tubuh yang lebih rentan berkeringat seperti ketiak dan kaki. 

3.Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Bukan rahasia lagi, beberapa makanan dipercaya bisa menyebabkan bau badan. Diantaranya seperti bawang merah dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini disebut mengangandung aroma yang bisa keluar melalui pori-pori saat berkeringat.

Selain  itu minuman berkafein dan alkohol juga dapat menyebabkan kamu berkeringat lebih banyak. Jadi lebih baik dihindari.  Sebisa mungkin, cobalah untuk menjaga pola makan yang sehat. Ingatlah bahwa ini mungkin bukan berarti benar-benar menghilangkan makanan ini, melainkan mengkonsumsinya dalam jumlah cukup.

4. Jaga berat badan tetap ideal
Orang yang memiliki berat badan berlebih dan obesitas cenderung memiliki banyak lipatan pada tubuhnya. Lipatan-lipatan ini akan lebih mudah berkeringat dan menjadi tempat berkembang biak bakteri sehingga berisiko mengalami bau badan tak sedap.

5 Selalu menjaga kebersihan
Terakhir, cara terbaik untuk mencegah bau badan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Cegah penumpukan bakteri dengan rajin mandi, keramas dan mencuci tangan dengan sabun anti bakteri.

Artikel Menarik Lainnya:

Pembunuh Anak Pemilik Toko Besi Ditangkap, Warga Sebut Ada Gangguan Jiwa

Atasi Banjir Rob Belawan, Pemko Medan Dibantu Kementerian PUPR Akan Bangun Tanggul

Duh! 13 Petani di Batubara Luka-luka akibat Tersambar Petir saat Berteduh

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US