Kenali 3 Tipe Kelelahan dan Cara Terbaik Mengatasinya
Ilustrasi kelelahan (Pixabay/Fizkes)
Health
Nasional

Kenali 3 Tipe Kelelahan dan Cara Terbaik Mengatasinya

Senin, 20 Desember 2021 08:00 WIB 20 Desember 2021, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Setiap orang pasti pernah merasa lelah. Mulai dari lelah yang dapat hilang dengan tidur, sampai dengan lelah yang tidak kunjung hilang dan perlu menggunakan cara lain untuk mengatasinya.

Namun tahukah kamu sebenarnya ada banyak tipe kelelahan? Nah, kita akan membahas tentang tiga tipe kelelahan yang biasanya terjadi agar dapat mengerti dan tepat mengatasinya.

Berikut ini rangkumannya seperti yang dilansir Indozone dari berbagai sumber.

1. Lelah Fisik

lelah fisik (Pixabay/RobinHiggins)
Ilustrasi lelah fisik (Pixabay/RobinHiggins)

Kita pasti pernah merasakan pegal, sakit leher, badan lemas dan mengantuk sampai terasa berat untuk  beraktivitas. Nah kelelahan seperti ini dinamakan kelelahan fisik. Hal ini terjadi karena kegiatan kita yang banyak, otot yang tegang, pola makan kurang baik dan pola tidur kurang baik.

Adapun cara untuk mengatasi lelah fisik seperti ini yaitu dengan pijat refleksi, perbaiki pola makan, pola tidur dan berolahraga.

2. Lelah Emosional

emosi (Pixabay/Pheelings Media)
Ilustrasi lelah emosional (Pixabay/Pheelings Media)

Lelah emosional adalah kondisi dimana kita merasakan emosi negatif seperti sedih, marah, frustasi dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itu biasanya muncul akibat kehilangan orang yang kita sayang, tekanan pekerjaan, masalah dengan orang tua, bertengkar dengan pacar dan lain sebagainya.

Nah, cara mengatasi kelelahan tipe ini yaitu dengan menghilangkan sumber stres, cerita ke orang yang kamu percaya, menulis buku harian, berteriak di tempat sepi, meditasi, berolahraga atau menyalurkan hobi.

3. Lelah Sosial

lelah sosial (Pixabay/Fizkes)
Ilustrasi lelah sosial (Pixabay/Fizkes)

Lelah sosial biasanya disebabkan karena terlalu banyak berbincang, berinteraksi atau bertemu orang lain entah itu secara daring atau secara langsung. Apalagi orang dan lingkungan yang kita temui adalah yang toxic. Lelah sosial juga sering dirasakan oleh orang yang introvert karena mereka butuh tenaga lebih untuk bersosialisasi.

Untuk mengatasi kelelahan tipe ini seseorang hanya perlu menghabiskan waktu dengan diri sendiri. Seperti bepergian sendiri, berbincang dengan diri sendiri, membaca buku, dan mengambil waktu untuk dirinya sendiri.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US