Tak Hanya Buat Bungkus, Ini 3 Manfaat Daun Pisang yang Bikin Tercengang
Daun pisang (Pixabay/Bluesnap)
Health
Nasional

Tak Hanya Buat Bungkus, Ini 3 Manfaat Daun Pisang yang Bikin Tercengang

Senin, 20 Desember 2021 08:30 WIB 20 Desember 2021, 08:30 WIB

INDOZONE.ID - Daun pisang selama ini umumnya dikenal untuk membungkus makanan. Padahal di luar itu ada banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh dari daun pisang, termasuk bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir Indozone dari laman Genpi.co, Senin (20/12/2021).

1. Menurunkan demam

Viki_B
Ilustrasi demam (Pixabay/Viki_B)

Sebuah penelitian menunjukkan fitokimia dalam daun pisang dapat membantu mencegah atau mengobati kondisi seperti dema. Hal ini dikarenakan daun tersebut memiliki efek antireptik, antimikroba dan anti-inflamasinya. Selain itu rutin minum rebusan daun pisang juga dianggap menyehatkan.

2. Mengobati pilek dan flu

flu (Pixabay/Dragana991)
Ilustrasi flu (Pixabay/Dragana991)

Pilek dan flu adalah penyakit yang paling banyak diidap oleh penduduk hampir seluruh penjuru dunia. Sebuah penelitian menunjukkan, tanaman obat termasuk pisang raja dan daunnya bisa digunakan sebagai obat herbal untuk melawan penyakit tersebut.

Hal ini dikarenakan daun pisang memiliki antioksidan kuat yang bisa membantu mengobati pilek dan flu dengan metode pengobatan ala rumahan.

3. Alternatif untuk pembalut luka

luka (Pixabay/Saulhm)
Ilustrasi luka (Pixabay/Saulhm)

Manfaat daun pisang selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai alternatif untuk membalut luka. Menurut sebuah penelitian, daun pisang dijadikan sebagai pembalut luka yang murah dan manjur di banyak negara berkembang karena keunggulannya, yaitu harganya yang murah dan mudah dicari.

Uniknya sifat antimikroba dan anti-inflamasi daun pisang, sama dengan kain kasa dan petroleum jelly sehingga bisa membantu mengobati luka dalam waktu yang lebih singkat.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US