Selain Kopi, Ini 3 Minuman Penghilang Kantuk, Dijamin Bakal Melek
Ilustrasi air es (Pixabay/Doucefleur)
Health
Nasional

Selain Kopi, Ini 3 Minuman Penghilang Kantuk, Dijamin Bakal Melek

Minggu, 12 Desember 2021 08:00 WIB 12 Desember 2021, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Kopi terkenal sebagai minuman penghilang kantuk.  Dengan kandungan kafein tinggi, kopi memang bisa membantu kita merasa lebih segar dan terjaga.

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menganjurkan agar tidak sering-sering minum kopi. Bahkan dalam sehari seseorang hanya boleh minum 400 miligram kopi. Sebab dalam satu cangkir kopi diperkirakan mengandung sekitar 80-100 miligram kafein.

Selain itu, mengutip dari laman Mayo Clinic, minum kopi lebih dari empat cangkir sehari berpotensi menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, insomnia, detak jantung lebih cepat dan tremor otot.

Oleh karena itu ada baiknya mulai sekarang saat kantuk menyerang kita tidak langsung minum kopi. Ada beberapa minum lain yang juga ampuh menghilangkan kantuk. Berikut di anatarnya:

1. Teh hijau

Teh (Pixabay/Aa22)
Teh hijau (Pixabay/Aa22)

Menurut FDA, secangkir teh hijau memiliki kira-kira setengah jumlah kafein dalam secangkir kopi. Beberapa penelitian menunjukkan kandungan kafein dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan fokus, yang bisa jadi karena theanine meningkatkan serotonin, dopamin, GABA (gamma-aminobutyric acid) dan kadar glisin di otak.

Selain itu, teh hijau juga bisa dipadukan dengan perasan jeruk untuk menambah semangat dan meningkatkan suasana hati.
 
2. Air putih dingin

Air putih (Pixabay/Alex)
Air putih dingin (Pixabay/Alex)

Air putih dapat menjadi pilihan minuman penghilang ngantuk yang baik. Bahkan minum air putih segera setelah bangun tidur dapat membantu mengatasi masalah dehidrasi yang terjadi sepanjang malam.

Selain itu, menurut Today, kebanyakan orang tidak minum cukup air secara umum dan sering kali dehidrasi. Dehidrasi sendiri bisa menyebabkan gejala seperti kelelahan dan ngantuk sepanjang hari.

Oleh sebab itu, menghidrasi kembali tubuh dengan air dingin bisa jadi pilihan yang tepat. Air putih dingin juga menyegarkan dan dapat membantu meningkatkan energi.

3. Cokelat panas

Cokelat (Pixabay/Lilechka75)
Cokelat panas (Pixabay/Lilechka75)

Kakao seduh adalah minuman rendah kafein yang kaya akan theobromine, stimulan sistem saraf pusat ringan. Untuk itu, cokelat bisa menjadi pilihan minuman penghilang ngantuk lainnya.

Bahkan menurut hasil penelitian yang dituliskan di sebuah artikel di Food & Nutrition, cokelat hitan yang dipanaskan tanpa gula dan lemak sangat baik bagi tubuh.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US