3 Makanan Ini Bisa Menjaga Kesehatan Otak, Berikut Penjelasannya
Ilustrasi super food (Pixabay)
Health
Nasional

3 Makanan Ini Bisa Menjaga Kesehatan Otak, Berikut Penjelasannya

Kamis, 18 November 2021 08:30 WIB 18 November 2021, 08:30 WIB

INDOZONE.ID - Menjaga kesehatan otak wajib hukumnya sebab otak merupakan organ yang paling vital. Otak merupakan organ yang mengendalikan seluruh kegiatan tubuh.

Nah sebenarnya, menjaga kesehatan otak tidaklah terlalu sulit.

Bahkan ada juga beberapa makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan otak.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir Indozone dari laman Genpi, Kamis (18/11/2021).

1. Alpukat

Buah alpukat (Pixabay)
Buah alpukat (Pixabay)

Alpukat kaya akan kandungan Vitamin E, vitamin C, dan antioksidan. Seseorang yang rutin mengonsumsi alpukat cenderung memiliki resiko terkena Alzheimer yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Pada alpukat juga terdapat kandungan lemak yang tinggi, tetapi termasuk dalam kategori lemak tak jenuh, yang mana bisa bermanfaat dalam menjaga sirkulasi darah.

2. Blueberry

Blueberry (Pixabay)
Blueberry (Pixabay)

Buah-buahan yang termasuk dalam kategori berry, seperti blueberry, strawberry, serta acai berry rupanya bisa membantu menghentikan kemampuan kognitif yang menurun seiring bertambahnya usia.

Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi buah berry, khususnya blueberry, bisa secara efektif memperbaiki atau menunda hilang ingatan sesaat.

Selain itu, blueberry juga bermanfaat dalam membantu melindungi otak akibat stres, mengurangi efek dari kondisi khusus lain yang berhubungan dengan usia, seperti Alzheimer dan demensia.

3. Gandum Utuh

Gandum utuh (Pixabay)
Gandum utuh (Pixabay)

Oatmeal, roti gandum, sereal gandum, sampai beras merah masuk dalam kategori gandum utuh. Gandum utuh sendiri memiliki kandungan serat, vitamin E, dan omega-3 yang tinggi. Jadi, dengan memakan gandum utuh, asupan darah ke seluruh organ tubuh akan berjalan dengan lancar. Begitupun dengan otak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US