Dokter Bantah Efek Samping Vaksin Covid-19 Bisa Bikin Mandul
Ilustrasi vaksinasi di Indonesia. (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)
Health
Nasional

Dokter Bantah Efek Samping Vaksin Covid-19 Bisa Bikin Mandul

Senin, 11 Januari 2021 14:42 WIB 11 Januari 2021, 14:42 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang yang masih khawatir akan keamanan vaksin Covid-19. Hal itu dikarenakan banyaknya kabar miring yang menyebutkan efek samping dari vaksin Covid-19.

Salah satu kabar efek samping vaksin Covid-19 yang beredar di masyarakat adalah vaksin bisa menjadi penyebab kemandulan pada seseorang.

Melansir Antara, Senin (11/1), seorang dokter kandungan di The Ohio State University Wexner Medical Center, Michael Cackovic mengatakan bahwa kabar efek samping itu sama sekali tidak benar.

Dia mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah  yang menyatakan bahwa vaksin Covid-19 akan memengaruhi kandungan di masa depan.

Sebab, kabar yang menyebutkan bahwa vaksin mengandung protein lonjakan atau disebut syncytin-1, yang terkait dengan fungsi plasenta itu tidaklah benar. Karena, protein lonjakan SARS-CoV-2 sama sekali tidak mirip dengan syncytin-1.

Oleh karena itu, dia meminta untuk percaya kalau dengan memblokir syncytin-1 bisa menyebabkan kemandulan.

Sementara itu, Para ahli kesehatan dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan vaksinasi bagi individu yang berusaha untuk hamil atau sedang mempertimbangkan untuk hamil.

Oleh karena itu, tidak ada alasan juga untuk menunda kehamilan setelah menyelesaikan kedua dosis vaksin Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US