Sering Terpapar Sinar Matahari? Ini 3 Bahan Alami Ampuh untuk Mencerahkan Kulit Gosong
Ilustrasi bahan alami pencerah kulit (Pixabay)
Health
Nasional

Sering Terpapar Sinar Matahari? Ini 3 Bahan Alami Ampuh untuk Mencerahkan Kulit Gosong

Senin, 22 November 2021 07:30 WIB 22 November 2021, 07:30 WIB

INDOZONE.ID - Bagi Anda yang sering terpapar sinar matahari pasti sering mengalami masalah kulit gelap. Semakin sering Anda terpapar sinar matahari, semakin banyak pula sel kulit yang terganggu.

Hal ini kian memicu produksi melanin yang akan melawan efek radiasi UVA. Proses ini terjadi dalam waktu yang cukup lama. Inilah mengapa kulit gosong atau belang baru bisa terlihat setelah beberapa hari, minggu ataupun bulan.

Nah, jika sudah mengalami kulit gosong barulah Anda bingung bagaimana cara mengembalikan kecerahan kulit. Produk pencerah kulit yang dijual di pasaran umumnya memang cepat mengembalikan warna kulit. Namun sering kali menyisakan efek negatif.

Oleh sebab itu ada beberapa cara alami yang juga ampuh mencerahkan kulit, meskipun waktunya relatif lama.

Berikut ini ulasannya yang dirangkum Indozone dari laman Health, Senin (22/11/2021). 

1. Susu dan kunyit

usu dan kunyit
Susu dan kunyit (Pixabay)

Perpaduan susu dan bubuk kunyit yang dijadikan masker wajah dapat membantu penyembuhan kulit bermasalah akibat paparan matahari.

Cukup tuangkan sedikit susu putih bubuk, kunyit, lalu oleskan ke permukaan wajah. Diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan lakukan berulang minimal 3 kali.

2. Putih telur

Putih telur (Pixabay)
Putih telur (Pixabay)

Masker wajah dari putih telur dan madu sangat bermanfaat untuk mengencangkan sekaligus eksfoliasi sel-sel kulit mati yang gosong.

Campurkan kedua bahan utama ke dalam wadah. Aplikasikan ke wajah secara merata dan biarkan sampai kering meresap, setelah itu bersihkan wajah dengan air.

3. Lemon

Lemon (Pixabay)
Lemon (Pixabay)

Menggunakan masker air lemon dan madu dipercaya ampuh mengembalikan warna kulit tidak merata akibat terkena sinar matahari.

Cukup gunakan 2 sendok teh air lemon dengan 1 sendok makan madu lalu aplikasikan ke wajah selama 15 menit. Sebaiknya cara ini dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US