Penting! Ini 3 Cara Mencintai Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Tenang
Ilustrasi selflove (Pixabay)
Health
Nasional

Penting! Ini 3 Cara Mencintai Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Tenang

Kamis, 21 Oktober 2021 08:15 WIB 21 Oktober 2021, 08:15 WIB

INDOZONE.ID - Kita seringkali lebih mudah mencintai orang lain ketimbang diri sendiri. Padahal mencintai diri sendiri harusnya lebih utama sebelum mencintai orang lain.

Mengapa? Sebab dengan mencintai diri sendiri artinya kita sadar akan kondisi diri. Dengan begitu kita dapat lebih tenang dalam menerima segala kelebihan dan kekurangan.

Kita pun akhirnya lebih bahagia sebab selalu merasa cukup dengan apa yang kita punya. Namun perkata cinta pada diri sendiri ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Meski begitu, ini bukan hal yang mustahil. Kita bisa mulai mencintai diri sendiri dengan beberapa cara berikut ini:

1.   Sadari tak ada manusia sempurna
Menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna adalah cara paling ampuh agar kita bisa cinta pada diri sendiri. Jika kita bisa memaklumi ketidaksempurnaan orang lain, maka kita juga harus bisa memaklumi ketidaksempurnaan diri sendiri.

2.    Baik ke diri sendiri
Baik memiliki arti yang sangat luas. Kita bisa mengawali arti baik tersebut dengan mulai memberi respon yang baik kepada diri sendiri. Misalnya saat sedang melakukan kesalahan, cobalah untuk tidak terlalu menghakimi diri.

Sadari bahwa kita tidak selalu bisa mendapatkan apa yang kita mau. Sadari pula bahwa wajar bila kita gagal dan setelah itu yakin bahwa kita pasti bisa melakukan hal yang lebih baik di kemudian hari.

3. Membiasakan diri melatih mindfulness

Hal ini bisa dilakukan dengan melibatkan diri sendiri untuk tidak mudah memberi judgement tentang apa yang dipikirkan orang lain. Kita akan susah untuk mencintai diri sendiri jika masih memikirkan pemikiran orang terhadap diri kita.

Oleh karena itu sadari sepenuhnya bahwa hanya kitalah yang tahu tentang diri sendiri. Urusan kita di mata orang lain adalah hak mereka. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US