Berikut Penjelasan Mengapa Mengunyah Es Batu Sangat Tidak Baik Untuk Kesehatan Gigi
Ilustrasi es batu. (Pixabay)
Health
Nasional

Berikut Penjelasan Mengapa Mengunyah Es Batu Sangat Tidak Baik Untuk Kesehatan Gigi

Sabtu, 09 Januari 2021 15:17 WIB 09 Januari 2021, 15:17 WIB

INDOZONE.ID - Bagi sebagian orang, mengunyah es batu merupakan hal yang cukup menyenangkan. Tapi taukah kamu bahwa kegiatan tersebut sangat  tidak baik bagi kesehatan gigi?

Melansir Antara, mengutip Insider, Sabtu (9/1), seorang ahli kesehatan gigi dari Yazdani Family Dentistry, Shahrooz Yazdani mengatakan bahwa mengunyah es batu meningkatkan risiko merusak atau melemahkan email gigi, yaitu lapisan pelindung keras yang dapat melindungi bagian dalam gigi.

"Jika enamel gigi Anda rusak, gigi dan seluruh kebersihan mulut, termasuk gusi, akan rentan dan bahkan rentan terhadap lebih banyak infeksi bakteri dan penyakit," kata dia.

Sementara itu, profesor kedokteran gigi di Columbia University Medical Center, John Grbic mengatakan bahwa selain melemahkan email gigi, kegiatan mengunyah es batu dapat membuat gigi patah.

Lalu, belum lagi ada risiko gusi menjadi rusak. Sebab, mengunyah es batu dapat memberi tekanan pada gusi sehingga menyebabkannya resesi.

Resesi gusi terjadi ketika jaringan gusi terkikis akibat penyakit gusi atau cedera traumatis (seperti cedera berkepanjangan) dan masalah genetik.

Bila kondisi ini terjadi, maka akar gigi akan terbuka. Bagian gigi ini lebih sensitif sehingga jika mengalami resesi gusi, gigi akan menjadi lebih sensitif dan membuat makan makanan dingin dan panas menjadi tidak nyaman.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US