Tak Hanya Tenangkan Hati, Ini 5 Manfaat Memaafkan Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi saling memaafkan (Pixabay/PeopleImages)
Health
Nasional

Tak Hanya Tenangkan Hati, Ini 5 Manfaat Memaafkan Bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 27 November 2021 08:30 WIB 27 November 2021, 08:30 WIB

INDOZONE.ID - Dalam kehidupan, memaafkan sebenarnya lebih sulit daripada meminta maaf. Sebab memaafkan bukan sekadar ucapan lisan, melainkan juga harus berasal dari hati. 

Selain itu sebesar apapun kesalahan orang lain kepada kita, memaafkan jauh lebih baik dan bermanfaat daripada menyimpan dendam.

Bahkan, tak hanya menenangkan hati, memaafkan ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Sebagaimana yang dikutip Indozone dari buku 'Seni Menyembuhkan Sakit Hati' (2021) yang ditulis oleh Claudia Sabrina ada lima manfaat memanfaatkan bagi kesehatan. Berikut penjelasanya. 

1. Menjaga kesehatan jantung
Salah satu penelitian menunjukkan memaafkan memiliki dampak yang amat sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan orang  yang menyimpan luka hati dan dendam cenderung memiliki detak jantung yang lebih tinggi.

Sementara itu, orang yang bersikap lebih empatik dan mudah memaafkan cenderung memiliki detak jantung yang lebih rendah.

2. Meredakan rasa sakit
Sebuah studi dari Duke University Medical Center mengungkap bahwa memaafkan dapat meredakan rasa sakit emosional serta fisik. Dari 61 peserta yang memiliki nyeri punggung kronik, ketika mereka memilih untuk memaafkan, mereka cenderung mengalami kadar rasa sakit yang lebih rendah.

3. Menurunkan kadar stres
Sebuah penelitian dari Hope College mengungkap bahwa memaafkan dapat menurunkan jumlah kadar kortisol atau hormon stres. Hal ini dibuktikan ketika peneliti melakukan tes kepada 72 peserta. Dimana hasilnya terdapat perbedaan respon fisik mata yang sangat jauh berbeda ketika responden diminta berbicara tentang dendam, empati, dan memaafkan.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika berbicara mengenai empati dan memaafkan, para peserta ternyata memiliki respons stres psikologis yang lebih rendah.

4. Menurunkan tekanan darah
Melepaskan amarah dan sakit hati dapat menurunkan tekanan darah Anda, seperti yang pernah dibuktikan melalui sebuah penelitian.

5. Memperpanjang usia
Menyimpan dendam dikatakan bisa memperpendek usia. Menurut penelitian, setelah melakukan tes kepada orang dengan usia 66 tahun atau lebih, ketika mereka memutuskan untuk memaafkan, mereka jauh lebih mudah hidup dalam jangka waktu yang lama.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US