5 Manfaat Buah Naga, Salah Satunya Terbukti Cegah Kanker
Ilustrasi buah naga (Pixabay)
Health
Nasional

5 Manfaat Buah Naga, Salah Satunya Terbukti Cegah Kanker

Kamis, 28 Oktober 2021 07:40 WIB 28 Oktober 2021, 07:40 WIB

INDOZONE.ID - Selain rasanya yang enak, buah naga juga memiliki segudang manfaat. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah naga sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi penyakit.

Nah, di Indonesia sendiri, ada dua varietas atau jenis buah naga yang umum ditemukan, yakni yang berwarna merah dan juga putih. Meskipun memiliki warna yang berbeda, kamu tak perlu gusar karena keduanya memiliki kandungan gizi yang hampir serupa.

Lalu, apa saja ya manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh ? Berikut rangkuman informasinya.

1. Menyehatkan jantung
Buah naga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung likopen, betalain, serta serat yang sangat baik untuk menunjang kesehatan jantung.

Tak hanya dagingnya saja, ternyata biji buah naga juga memiliki kandungan lemak omega-3 dan omega-9 yang melimpah. Kandungan ini diklaim baik untuk kesehatan jantung.

2. Mencegah kanker
Mengutip dari laman Food Insight, beberapa penelitian menunjukkan fakta bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung likopen dapat mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, prostat hingga paru. Nah buah naga sangat tinggi kandungan likopen maupun hydroxycinnamates dan senyawa antioksidannya.

3. Menjaga sistem imun
Mengonsumsi buah naga secara rutin, diklaim mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab kandungan vitamin C serta senyawa antioksidan dari buah naga sangat baik untuk imun tubuh.

4. Menyehatkan kulit dan cegah penuaan dini
Kandungan  vitamin C dan senyawa bioaktif dari buah naga ternyata bisa membantu menjaga kulit agar tetap kencang dan elastis. Sehingga dapat membantu mengurangi tanda penuaan dini.

5. Mengontrol kadar gula darah
Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Plos One pada tahun 2016 lalu menemukan fakta bahwa buah naga dapat melawan resistensi insulin pada tikus, yang merupakan salah satu penyebab diabetes.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US