Pengamat Sebut Hoaks Soal Vaksin Jadi Penghambat Progam Vaksinasi Covid-19 Pemerintah
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Health
Nasional

Pengamat Sebut Hoaks Soal Vaksin Jadi Penghambat Progam Vaksinasi Covid-19 Pemerintah

Senin, 07 Juni 2021 12:07 WIB 07 Juni 2021, 12:07 WIB

INDOZONE.ID - Vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung selama lima bulan. Namun sayangnya, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang enggan melakukan vaksinasi.

Seorang pengamat imunisasi, dr Julitasari Sundoro dalam keterangan tertulis Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (7/6) menilai banyaknya kabar hoaks terkait vaksin Covid-19 menjadi pemicu utama terhambatnya program vaksinasi nasional yang tengah dijalankan pemerintah.

"Ini merugikan program vaksinasi, sehingga berimbas pada rendahnya cakupan vaksinasi," ujar Julitasari.

Untuk itu, Julitasari mengajak masyarakat untuk belajar memahami soal vaksin Covid-19 dari sumber informasi yang kredibel dan terpercaya.

"Masyarakat jangan menelan mentah-mentah suatu berita dan informasi. Kita harus cek kembali kalau ragu dan tidak langsung menyebarkannya," kata dia.

Julitasari menambahkan bahwa masyarakat saat ini banyak yang meragukan kandungan vaksin Covid-19. Padahal, kandungan vaksin Covid-19 hanyalah antigen dari virus Corona tersebut yang diperlukan untuk membentuk antibodi.

"Apabila mendengar ada demam atau bengkak di tempat penyuntikan, itu adalah hal yang biasa saja dalam proses pembentukan antibodi dalam tubuh manusia," terang dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU