Bisa Bikin Depresi, Ini 5 Tips Sederhana Menghindari Iri Hati dari Psikolog
Ilustrasi seseorang yang iri hati (Pixabay)
Health
Nasional

Bisa Bikin Depresi, Ini 5 Tips Sederhana Menghindari Iri Hati dari Psikolog

Jumat, 05 November 2021 08:00 WIB 05 November 2021, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Iri hati merupakan  salah satu penyebab ketidakbahagiaan dalam hidup. Orang yang iri hati tidak hanya mengakibatkan ketidakbahagiaan untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk orang lain, sebab ia mengharapkan kemalangan menimpa orang lain.

Iri hati muncul akibat perasaan tidak bersyukur.  Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki keinginan dan harapan agar bisa menjalani hidup terbaik. Namun, konsep hidup terbaik antara satu orang dengan yang lainnya biasanya tak sama.

Ada orang yang merasa hidup terbaiknya adalah sukses dalam karier, memiliki harta yang banyak, bisa bepergian bebas ke mana saja dan mampu membeli apapun yang diinginkan.

Akan tetapi ada juga orang yang sebaliknya. Ia merasa hidup terbaiknya bukan soal harta ataupun materi, tetapi soal kesehatan, umur panjang dan berkumpul dengan seluruh keluarga.

Nah perbedaan konsep hidup inilah yang sering kali menimbulkan perasaan iri hati yang jika tidak ditangani akan berujung depresi.

Oleh karena itu menurut seorang psikolog, Jovita Ferliana ada beberapa tips untuk menjalani hidup terbaik agar terhindar dari rasa iri yang berujung depresi, yaitu sebagai berikut:

1. Temukan potensi diri
Potensi ada dalam bentuk apapun karenanya jangan pernah berpikir Anda tidak memiliki potensi. Sebab hal itu akan membuat Anda tidak pernah bersyukur dan selalu iri dengan orang lain.

Nah ketika Anda menemukan potensi diri, Anda akan tahu ke mana jalan hidup akan membawa Anda.

2. Jalani hidup seperti yang Anda mau
Jalani hidup sesuai dengan yang Anda inginkan, bukan bergantung pada yang orang tua, pacar, atau yang orang lain inginkan. Pilihlah hal yang benar-benar bisa membuat Anda bahagia dan tenang, lakukan dan jalanilah itu dengan bertanggungjawab.

3. Lakukan sesuatu untuk orang tersayang
Membahagiakan diri memang penting, tapi tak ada salahnya melakukan sesuatu untuk orang yang Anda sayangi.

Misal menemani anak bermain atau menghabiskan waktu dengan pasangan atau keluarga. Sebab ketika orang yang Anda sayang bahagia, kebahagiaannya akan menular juga ke Anda.

4. Mengisi body dan soul sekaligus
Tak hanya tubuh atau raga yang perlu Anda beri 'makan'. Jiwa atau soul juga penting diisi. Pikiran ini bisa diisi dengan hal-hal positif, misalnya dengan menambah edukasi.

Anda bisa melakukannya dengan perbanyak bersyukur, syukuri apa yang telah Anda terima. Sebab saat menjalani hidup terbaik bukan berarti bebas masalah, tapi bagaimana cara kita menyikapinya.

5. Jalani hidup dengan bahagia
Setiap orang memiliki standar bahagianya sendiri.  Karena itu pilihlah jalan kebahagiaan Anda sendiri dan jangan mengikuti orang lain.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU