Enak dan Menyehatkan, Ini 3 Manfaat Keju Bagi Kesehatan
Ilustarsi keju (Pixabay/LisaaMC)
Health
Nasional

Enak dan Menyehatkan, Ini 3 Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Senin, 29 November 2021 07:30 WIB 29 November 2021, 07:30 WIB

INDOZONE.ID - Keju merupakan salah satu produk olahan susu. Keju dibuat dengan cara memfermentasi susu dengan jangka waktu tertentu.

Keju memiliki berbagai macam jenis seperti mozarella, cheddar, dan beberapa jenis lainnya yang biasa dibedakan dari cara pembuatan dan juga rasanya

Selain itu, keju biasanya menjadi tambahan di  makanan lainnya, seperti pizza, roti, pasta, keripik dan berbagai camilan.

Nah dengan rasanya yang lezat jika dicampurkan dengan berbagai makanan, tidak heran jika keju merupakan satu di antara makanan favorit berbagai kalangan di seluruh dunia.

Bahkan lebih menggembirakannya lagi, keju mengandung banyak nutrisi seperti protein, kalsium, vitamin B, zinc, dan mineral lainnya yang bermanfaat bagi kesehatn tubuh.

Berikut 3 manfaat di antaranya, seperti yang dikutip Indozone dari berbagai sumber.

1. Menyehatkan tulang dan gigi

Ilustrasi kesehatan gigi (Pixabay/Frantic00)
Ilustrasi kesehatan gigi (Pixabay/Frantic00)

Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada keju dapat meningkatkan kesehatan gigi. Nutrisi ini dapat membuat gigi menjadi lebih kuat dan terhindar dari bakteri yang dapat merusak gigi.

Selain itu berbagai macam nutrisi lain seperti kalsium, vitamin D, magnesium dan zinc pada keju juga berperan baik dalam pembentukan tulang pada anak-anak. Untuk orang dewasa mengonsumsi keju dapat memperkuat tulang dan menghindari tulang keropos.

2. Menjaga jantung

Ilustrasi menjaga jantung (Pixabay/Ridofranz)
Ilustrasi menjaga jantung (Pixabay/Ridofranz)

Mengonsumsi keju dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Hal itu disebabkan karena keju memiliki lemak tak jenuh alami yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang pada akhirnya dapat membantu dalam menyehatkan kondisi jantung.

3. Menurunkan tekanan darah

Ilustrasi mengukur tekanan darah (Pixabay/LordHenriVoton)
Ilustrasi mengukur tekanan darah (Pixabay/LordHenriVoton)

Anda dapat menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi keju secara rutin. Hal tersebut disebabkan karena kandungan kalsium pada keju. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, konsumsilah keju yang rendah lemak dan garam.

Selain itu, jamur yang dihasilkan dari proses fermentasi saat pembuatan keju dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat, sehingga tekanan darah dapat dengan mudah dikontrol.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US