Kamu Pengguna Behel Gigi? Ini Bahayanya Jika Dipakai Dalam Jangka Waktu yang Lama
Ilustrasi behel gigi. (123dentist)
Health
Nasional

Kamu Pengguna Behel Gigi? Ini Bahayanya Jika Dipakai Dalam Jangka Waktu yang Lama

Rabu, 13 Januari 2021 15:36 WIB 13 Januari 2021, 15:36 WIB

INDOZONE.ID - Alat ortodontik atau behel sangat berfungsi dalam upaya merapikan gigi. Namun, jika dipakai dalam jangka waktu yang lama, behel justru memberikan dampak buruk pada kesehatan mulut.

Melansir Antara, Dokter spesialis ortodonsia, drg. Benny Mulyono Soegiharto, M.Sc, MorthRCS, Ph.D, Sp.Ort tidak menyarankan untuk menggunakan behel dalam jangka waktu yang lama.

Dia mengatakan, menggunakan behel sebaiknya tidak lebih dari lima tahun atau hanya dua sampai tiga tahun saja.

"Sebaiknya memang tidak terlalu lama, ada beberapa orang yang menggunakan behel sampai lebih dari lima tahun. Bisa saja terjadi, yang wajar itu biasanya 2-3 tahun," ujar Benny.

Namun, Benny tak memungkiri bahwa ada kasus tertentu yang menggunakan behel lebih dari lima tahun. Namun hal tersebut biasanya terjadi lantaran pasien tidak mengikuti instruksi perawatan dari dokter.

"Bisa enggak molor? Ya bisa karena ada beberapa faktor lain, tergantung kasusnya juga, kedua tergantung dari kerjasama pasiennya ini," ucap dia.

Penggunaan behel juga berfungsi untuk menyelaraskan gigi geligi yang terlihat maju atau mundur agar berada dalam satu lengkung rahang.

Oleh karena itu, Benny menyarankan untuk selalu datang pada ahli ortodontik, bukan di tempat yang tidak memiliki kredibilitas.

"Perawatan ortodontik itu bukan hanya sekadar pasang biji-biji kawat gigi apalagi dengan tujuan untuk ngikutin tren dan banyak sekarang kan yang endorse-endorse itu di sosial media. Ya boleh aja tapi dalam membuat keputusan harus rasional. Perawatan ortho itu kompleks," jelas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US