Jangan Anggap Sepele, Ini Waktu Terbaik Minum Air Putih Menurut Dokter
Ilustrasi meminum air putih. (Pixabay)
Health
Nasional

Jangan Anggap Sepele, Ini Waktu Terbaik Minum Air Putih Menurut Dokter

Minggu, 27 September 2020 18:28 WIB 27 September 2020, 18:28 WIB

INDOZONE.ID - Meminum air putih terbukti lebih menyehatkan dibanding mengonsumsi minuman berenergi dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Jangan anggap sepele, ternyata ada waktu terbaik untuk mengonsumsi air putih. Penasaran?

Khasiat meminum air putih bisa dirasakan jika dikonsumsi di waktu yang tepat. Misalnya, meminum air putih usai bangun tidur karena dapat menjaga kesehatan dan sistem kekebalan pada tubuh. Demikian kata Dokter umum RS Pondok Indah (RSPI), I Made Tirta Saputra melansir Antara, Minggu (27/9).

Menurut I Made Tirta, meminum satu hingga dua gelas setiap bangun tidur sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

"Minum air putih 1-2 gelas setiap bangun tidur juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika Anda terlelap semalaman. Air putih juga dapat membantu proses metabolisme tubuh," kata dia.

Selain itu, juga disarankan meminum air putih sebelum tidur malam agar dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Jika air putih diminum dalam jumlah yang cukup atau tak berlebihan, maka tidak akan membuat kita terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Lalu, meminum air putih sebelum dan sesudah berolahraga juga penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berolahraga.

"Selain itu, pada kondisi pandemi seperti saat ini air putih juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh," tutur dia.

Jika melihatnya dari sisi jumlah, I Made Putra mengutip Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board yang merekomendasikan jumlah asupan air putih 2,7 liter per hari untuk wanita dan 3,7 liter untuk pria.

Namun, hal itu juga harus memperhatikan aktivitas yang dilakukan dan sesuaikan jumlah asupan air putih agar tak mengalami dehidrasi.

I Made Putra tak menyarankan meminum air putih secara berlebihan, karena hal itu dapat menyebabkan keracunan air yang berakibat hiponatremia atau kekurangan garam dalam tubuh.

"Pada efek yang memburuk dapat menyebabkan sakit kepala, kram otot, bahkan dapat menyebabkan kejang, dan berujung pada kematian. Jadi minum air putih secukupnya ya, tidak kurang tidak juga berlebihan," kata dia.

Selain air putih, I Made Putra menyarankan untuk menerapkan pola hidup sehat lain, seperti istirahat yang cukup yakni waktu tidur malam 6-7 jam dalam sehari, menghindari stres atau kelola stres dengan baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, konsumsilah makanan sehat, terutama perbanyak sayur dan buah yang mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, dan vitamin D; rutinlah berolahraga misalnya berjalan cepat selama 30 menit dan hindari merokok serta konsumsi minuman alkohol.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US