Dokter Gizi Sarankan Batasi Makanan Berminyak Sebelum Lakukan Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Health
Nasional

Dokter Gizi Sarankan Batasi Makanan Berminyak Sebelum Lakukan Vaksinasi Covid-19

Rabu, 10 Maret 2021 15:17 WIB 10 Maret 2021, 15:17 WIB

INDOZONE.ID - Dokter spesialis gizi klinik Cindiwaty Josito Pudjiadi, MARS, MS, SpGK menyarankan masyarakat untuk membatasi makanan yang berminyak sebelum melakukan vaksinasi Covid-19.

"Hindari atau batasi makanan yang digoreng-goreng atau makanan yang mengandung lemak jenuh," kata Cindi, dikutip dari Antara, Rabu (10/3).

Menurut dia, makanan seperti itu bisa menurunkan daya tahan tubuh dan bersifat lebih inflamasi.

Cindi juga menyarankan untuk mengurangi asupan makanan atau minuman yang punya kadar gula tinggi. Sebab, makanan tinggi gula mengakibatkan ketidakseimbangan nutrisi.

Selain itu, mengonsumsi gula berlebih juga dapat menekan sistem imunitas.

Kementerian Kesehatan RI sudah memberikan batasan konsumsi gula yang disarankan per orang per hari adalah tidak lebih dari 50 gr (4 sendok makan).

Konsumsi minyak maupun makanan sumber lemak secara berlebih dapat pula menekan sistem imunitas dan mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bibit penyakit. 

Mengasup makanan sumber lemak berlebih bahkan dapat menimbulkan risiko berbagai penyakit berbahaya, karena sel lemak yang berlebih dapat memicu pelepasan zat kimia yang berakibat pada peradangan kronis dan akhirnya merusak jaringan-jaringan sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US