Ini Alasan Mengapa Buang Air Besar Bisa Bikin Kamu Mengeluarkan Air Mata
Ilustrasi tisu toilet. (Pixabay)
Health
Nasional

Ini Alasan Mengapa Buang Air Besar Bisa Bikin Kamu Mengeluarkan Air Mata

Minggu, 27 Desember 2020 10:29 WIB 27 Desember 2020, 10:29 WIB

INDOZONE.ID - Bagi sebagian orang, buang air besar (BAB) bisa membuat air mata mengalir tanpa sadar. Padahal, pada saat BAB, tidak sama sekali merasakan adanya rasa sakit.

Apakah kondisi tersebut bisa dianggap normal? Lalu bagaimana penjelasan kondisi tersebut menurut ahli kesehatan?

"Beberapa orang benar-benar merasa lega sehingga mereka menangis karena buang air besar. Proses mengeluarkan dan menghilangkan tekanan terkadang dapat menyebabkan hal itu terjadi," kata Chief, Division of Colon and Rectal Surgery di UMass Memorial Medical Center, Justin Maykel melansir Antara, dikutip dari Livestrong, Minggu (27/12).

Menurut Maykel, kondisi tersebut mungkin saja bisa terjadi bagi seseorang yang mengalami masalah pada usus sehingga kesulitan BAB atau urgensi ekstrim yang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan fases.

"Beberapa orang mendorong sangat keras, berusaha untuk buang air besar bahkan dapat menyebabkan pendarahan. Tetapi jika Anda tidak benar-benar kesakitan, tekanan untuk mengencangkan tubuh Anda dalam upaya mendorong keluar feses masih bisa memaksa keluarnya air mata," tutur Maykel.

Jika fesesnya besar dan keras, maka saat bisa Anda keluarkan ada rasa lega yang sangat besar. Tetapi ingatlah, dasar-dasar kesehatan saluran pencernaan termasuk minum banyak air dan meningkatkan asupan serat, dapat membuat keseluruhan proses BAB berjalan lebih lancar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US