Tanpa Minum Obat, Ini 3 Cara Mengatasi Pilek secara Alami
Ilustrasi penderita pilek (Pixabay)
Health
Nasional

Tanpa Minum Obat, Ini 3 Cara Mengatasi Pilek secara Alami

Minggu, 21 November 2021 08:00 WIB 21 November 2021, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Pilek adalah kondisi dimana hidung mengeluarkan lendir atau ingus baik dalam frekuensi yang jarang maupun sering. Pilek sendiri umumnya merupakan salah satu gejala dari beberapa penyakit yang biasanya disertai dengan gejala lain, seperti batuk, bersin, sakit tenggorokan hingga hidung tersumbat.

Ada banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab timbulnya pilek. Tetapi, penyebab yang paling umum biasanya karena infeksi virus, seperti selesma (common cold) atau influenza (flu).

Atau dalam kasus lain, pilek dapat disebabkan oleh alergi, hay fever, polip hidung, perubahan hormon, atau penyebab lainnya.

Nah mengutip dari laman Health Line ada beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah pilek. Berikut penjelasanya.

1. Minum banyak air putih

Saat pilek menyerang cobalah untuk minum sebanyak mungkin air putih. Hal ini bertujuan membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga membantu dalam mengurangi gejala, terlebih jika seseorang juga memiliki keluhan seperti hidung tersumbat.

Dengan minum banyak air putih konsistensi lendir yang muncul karena pilek akan menjadi lebih berair, sehingga mudah untuk dikeluarkan. Sebaliknya jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, kondisi lendir mungkin kental dan lengket yang bisa membuat hidung semakin sesak.

2. Makan makanan pedas

Makanan pedas memang bisa membuat hidung berair semakin parah. Namun ini sangat membantu apalagi jika seseorang juga mengalami gejala hidung tersumbat.

Nah bagi yang tidak terbiasa dengan rasa pedas, cobalah sedikit bumbu pedas terlebih dahulu untuk melihat apakah itu bisa membantu dalam meredakan gejala yang dialami.

Atau rempah-rempah panas seperti cabai cayenne atau cayenne pepper, ghost pepper, habanero, wasabi, atau jahe adalah pilihan yang bagus untuk bisa dikonsumsi untuk membantu mengatasi hidung meler dan hidung tersumbat.

Selain bisa menciptakan rasa panas saat dimakan, rempah-rempah ini dapat melebarkan saluran di dalam tubuh dan dapat meredakan masalah sinus.

3. Mandi air panas

Sama seperti minum teh panas atau melakukan terapi uap wajah, melakukan mandi air hangat juga diyakini dapat membantu meringankan hidung meler dan hidung tersumbat.

Selain itu,beristirahat di pemandian air panas secara alami akan menyebabkan seseorang menghirup uap hangat, sekaligus membantu mengendurkan otot-otot tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU