Kenali Tanda Melemahnya Sistem Imun Tubuh, Salah Satunya Stres yang Semakin Meningkat
Ilustrasi stres. (Pixabay)
Health
Nasional

Kenali Tanda Melemahnya Sistem Imun Tubuh, Salah Satunya Stres yang Semakin Meningkat

Sabtu, 16 Januari 2021 16:20 WIB 16 Januari 2021, 16:20 WIB

INDOZONE.ID - Ada baiknya kamu mengenali beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sistem imun tubuh sedang melemah. Dan beberapa di antaranya bisa dikendalikan seperti stres yang meningkat, pola makan yang berubah, hingga waktu tidur.

Melansir Antara, mengutip Insider, Sabtu (16/1), seorang dokter pengobatan keluarga Abisola Olulade menjelaskan beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sistem kekebalan pada tubuh sedang lemah.

"Ada tanda-tanda kekebalan yang melemah. Jika Anda terus terkena infeksi, membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari infeksi, atau jika luka Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, Anda mungkin memiliki sistem kekebalan yang lemah," kata Olulade.

Selain itu, kata Olulade, tubuh sering mengalami flu, infeksi, kelelahan yang berkepanjangan, hingga stres yang semakin meningkat.

Menurutnya, tidak ada pengobatan spesifik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Tidak ada pil ajaib untuk meningkatkan sistem kekebalan," ujar dia.

American Psychological Association berpendapat bahwa stres yang semakin meningkat dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu dikarenakan stres dapat menurunkan kadar limfosit, sehingga lebih sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi.

Adapun tanda lain yang menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh mulai lemah, yakni sering mengalami masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, kram dan sembelit.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US