Sudah Sarapan Tapi Masih Lapar? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Ilustrasi sudah sarapan tapi masih lapar (Pixabay/mohamed_hassan)
Health
Nasional

Sudah Sarapan Tapi Masih Lapar? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Minggu, 12 Desember 2021 11:20 WIB 12 Desember 2021, 11:20 WIB

INDOZONE.ID - Sarapan adalah asupan pertama setiap orang untuk mendapatkan energy setelah terjaga dari tidur. Namun sayangnya tak semua orang yang sudah sarapan merasa kenyang.

Alih-alih kenyang dan berenergi, sebagian orang justru masih lapar.

Bagi orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, mengambil makan lagi atau tidak adalah pilihan yang dilematis. Akan tetapi di sisi lain, rasa lapar bisa mengganggu aktivitas kita.

Faktanya, ada beberapa penyebab sudah sarapan tapi masih lapar yang perlu menjadi perhatian karena berkaitan dengan kondisi kesehatan.

Berikut beberapa penyebab sudah sarapan tapi masih lapar yang dirangkum Indozone dari berbagai sumber:


1. Sarapan dengan makanan tinggi gula

kue (Pixabay/Daria-Yakovleva)
Ilustrasi makanan manis (Pixabay/Daria-Yakovleva)

Makanan manis dan tinggi gula justru tidak dianjurkan dikonsumsi saat waktu sarapan sebab makanan tersebut sangat cepat dicerna tubuh sehingga kita akan mudah merasa lapar lagi.

Meskipun bisa menjadi pilihan sarapan praktis, makanan seperti pancake, bagel, muffin dan lainnya perlu dihindari karena  dapat menjadi penyebab sudah sarapan tapi masih lapar.

2. Tidak makan cukup kalori

makanan rendah kalori (Pixabay/RitaE)
Ilustrasi makanan rendah kalori (Pixabay/RitaE)

Menurut PopSugar, kalori yang kita asup di waktu sarapan harus berkisar antara 300-400 kalori. Jadi jika asupan kalori jauh di bawah itu, maka bisa dipastikan kita kan merasa lapar.

Nah jika sedang berencana menurunkan berat badan, kisaran asupan kalori saat sarapan antara 300-350 kalori. Jumlah kalori ini penting untuk mengisi perut dan memberikan bahan bakar untuk kita beraktivitas.

3. Kurang tidur

mengantuk (Pixabay/VioletaStoimenova)
Ilustrasi mengantuk (Pixabay/VioletaStoimenova)

Kurang tidur ternyata juga bisa menjadi alasan sudah sarapan tapi masih lapar. Tidur cukup sangat penting untuk mengelola hormon-hormon di tubuh, termasuk hormon lapar ghrelin.

Ghrelin cenderung lebih tinggi di antara orang-orang yang kurang tidur, yang artinya membuat mereka semakin mudah lapar. Jadi, cobalah mempraktikkan rutinitas tidur yang sehat dan membatasi paparan layar di malam hari untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Artikel Menarik Lainnya:




TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US