Antisipasi Corona, Pemprov Sumut Awasi Penerbangan Domestik
Ilustrasi suasana di Bandara Kualanamu. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
Health
Kota Medan

Antisipasi Corona, Pemprov Sumut Awasi Penerbangan Domestik

Rabu, 04 Maret 2020 15:21 WIB 04 Maret 2020, 15:21 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara memperketat pengawasan aktivitas penerbangan dalam negeri. Hal ini dilakukan menyusul adanya dua WNI yang positif terjangkit virus corona.

"Tadinya di pintu depan kita lakukan pemeriksaan terhadap orang yang masuk dari penerbangan luar negeri. Sekarang ini karena ini udah ada di dalam negeri, maka penerbangan dalam negeri pun harus kita awasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan, Selasa (3/3/2020).

Selain mengawasi penerbangan domestik, Pemprov Sumut juga menetapkan 5 rumah sakit rujukan infeksi corona di Sumut. Rumah sakit itu antara lain RSUP Adam Malik, RSUD Kabanjahe, RSUD Djasamen Saragih, RSUD Tarutung dan RSUD Padangsidimpuan.

Selanjutnya ada 4 rumah sakit lainnya yang bersifat sebagai rumah sakit penyangga. Rumah sakit itu antara lain RS Bhayangkara Polda Sumut, RSU Haji Medan, RS Universitas Sumatera Utara dan RSUD Lubuk Pakam.

"Rumah Sakit Adam Malik tetap sebagai pusat rujukan, kemudian 4 rumah sakit lainnya ini sebagai penyangga. Artinya, Adam Malik ini kan terbatas juga tempatnya, kalau misalnya tidak bisa ditampung lagi di Adam Malik, penyangga ini memang udah siap, tetapi tetap pusat rujukannya Adam Malik," katanya.

Hingga Selasa (3/3/2020) sore, sejauh ini ada 90.427 orang yang terinfeksi virus corona (Covid-19). 3.116 orang di antaranya dinyatakan meninggal. Sedangkan 47.928 orang dinyatakan sembuh.

Di Indonesia sendiri, sejauh ini ada dua orang warga yang dinyatakan positif terjangkit virus corona. Mereka adalah wanita berusia 31 tahun dan 64 tahun di Depok, Jawa Barat. Saat ini mereka sedang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US