3 Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Madu Bagi Kesehatan
Ilustrasi madu (Pixabay/Rvbox)
Health
Nasional

3 Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Madu Bagi Kesehatan

Kamis, 25 November 2021 08:30 WIB 25 November 2021, 08:30 WIB

INDOZONE.ID - Bukan rahasia lagi, madu memang terkenal memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Meski begitu, konsumsi madu juga tidak boleh berlebihan, mengingat cairan ini sangat tinggi kalori dan gula.

Lalu apa saja manfaat madu dan efek sampingnya bagi tubuh? Berikut ini beberapa penjelasannya yang dirangkum Indozone dari laman Alodokter, Kamis (25/11/2021).

1. Menangkal radikal bebas
Salah satu khasiat madu yaitu dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh. Hal ini disebabkan karena madu mengandung senyawa fitonutrien dan sejumlah vitamin yang merupakan antioksidan alami.

Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas berlebih dalam tubuh. Selain itu juga dapat memperkuat sel imun tubuh, mencegah dan meredakan peradangan, mencegah reaksi alergi, serta mencegah diabetes, serangan jantung, hingga kanker.

2. Meningkatkan imunitas tubuh
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, senyawa fitonutrien yang terkandung dalam madu dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh. Hal ini tentunya akan memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit infeksi. Ditambah lagi, madu juga diketahui memiliki khasiat sebagai antibakteri dan antijamur.

3. Mempercepat penyembuhan luka
Mau diketahui dapat membantu menyingkirkan jaringan yang mati, membunuh bakteri yang ada pada luka, dan merangsang pembentukan kulit baru untuk menutup luka. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan banyak penelitian medis.

Adapun jenis-jenis luka yang dapat disembuhkan oleh manfaat madu adalah luka bakar, lecet, luka bekas gigitan nyamuk, dan luka diabetes. Namun, perlu diingat bahwa madu yang bisa digunakan adalah madu yang terjamin steril.

Efek Samping Madu

Umumnya, madu tergolong aman dan tidak banyak menimbulkan efek samping. Namun, madu belum tentu bisa dikonsumsi oleh semua orang. Terutama bagi bayi atau anak usia di bawah 1 tahun karena berisiko menyebabkan botulisme.

Botulisme adalah kondisi keracunan yang menyerang saraf tubuh dan berpotensi fatal. Risiko ini juga perlu diwaspadai pada ibu hamil yang memiliki masalah pencernaan atau penyakit yang melemahkan sistem imun tubuh.

Selain itu madu juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang yang juga memiliki alergi terhadap serbuk sari. Bahkan ada juga jenis madu yang penggunaannya harus diwaspadai, yaitu madu rhododendron atau yang dikenal dengan madu gila (mad honey). Madu ini memiliki rasa pahit yang khas karena berasal dari ekstraksi nektar bunga rhododendron.

Madu gila memang memiliki aktivitas antiradikal bebas yang tinggi sehingga dipercaya bermanfaat sebagai obat hipertensi, obat diabetes, dan penambah gairah seksual. Namun, madu ini juga memiliki risiko untuk menyebabkan keracunan yang gejalanya meliputi muntah-muntah, diare, nyeri dada, pingsan, hingga koma.


 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US