Ladies Catat! Ini 4 Makanan yang Melancarkan Siklus Menstruasi
Ilustrasi nyeri saat menstruasi (Ilustrasi/Pixabay)
Health
Nasional

Ladies Catat! Ini 4 Makanan yang Melancarkan Siklus Menstruasi

Jumat, 01 Oktober 2021 17:03 WIB 01 Oktober 2021, 17:03 WIB

INDOZONE.ID - Permasalah yang kerap kali mengganggu wanita adalah soal tidak teraturnya siklus menstruasi. Pasalnya tak semua wanita memiliki siklus menstruasi tepat waktu. 

Untuk mengatasi hal ini, beberapa wanita menjalani perawatan mulai dari medis hingga mengubah gaya hidup mereka. Bahkan terdapat beberapa makanan yang dipercaya dapat memperlancar siklus menstruasi.

Mengutip dari NDTV Food, ada beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu memperlancar jadwal menstruasi. Berikut ini jenis -jenis makanan tersebut.

1.  Kacang-kacangan
Kacang-kacangan, khususnya almond dan kenari dipercaya menjadi cara baik untuk memperlancar siklus menstruasi. Kedua jenis kacang ini kaya akan serat dan protein yang fungsinya dapat menginduksi panas internal untuk mengatur periode menstruasi. 

2. Kopi
Kandungan kafein yang berada di dalam kopi disebutkan dapat merangsang estrogen. Estrogen dipercaya dapat memperlancar menstruasi. Bahkan bisa membuat siklus menstruasi menjadi lebih awal. Selain itu, kafein dipercaya bisa menghilangkan rasa sakit saat menstruasi. 

3. Buah-buahan
Buah-buahan yang kaya kandungan vitamin C juga dilaporkan mampu mengatasi persoalan wanita ini. Vitamin C dalam buah-buahan seperti pepaya dan nanas dilaporkan bisa meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh dan mengurangi hormon progesteron. Sehingga jadwal menstruasi bisa lebih teratur. 

4. Susu Kurma
Minum susu kurma hangat sebelum tidur, dipercaya akan memiliki efek positif pada kesehatan reproduksi dan memperlancar siklus menstruasi. Kandungan kurma seperti karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, dan kalium memang baik bagi tubuh. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US