Aromanya Bikin Ngiler, Ini Resep Sambal Belacan Khas Medan yang Enak dan Gampang
Sambal belacan goreng (Instagram/Dellasuzura)
Food
Kota Medan

Aromanya Bikin Ngiler, Ini Resep Sambal Belacan Khas Medan yang Enak dan Gampang

Sabtu, 20 November 2021 08:30 WIB 20 November 2021, 08:30 WIB

INDOZONE.ID - Sambal adalah salah satu pelengkap masakan Indonesia. Tampa sambal sering kali rasanya gak akan lengkap.

Nah salah satu sambal favorit kebanyakan orang Indonesia adalah terasi atau belacan. Sambal ini sangat cocok dicocol untuk ayam, tempe, tahu ataupun nasi putih. Dijamin, rasanya nikmat tak terkatakan. 

Itu mengapa hampir setiap kota punya resep sambal belacan khasnya, termasuk Kota Medan. Sambal belacan Medan terbuat dari bahan dasar yang hampir sama dengan daerah lain. Bahanya uga sederhana dan mudah ditemui karena hanya terdiri dari belacan, bawang merah, cabai, tomat dan lain sebagainya.

Namun yang membedakan belacan Medan punya aroma yang sangat khas dan rasa yang unik. Penasaran? yuk langsung saja kita buat sambal belacan khas Medan yang nikmat dan menggugah selera.

Berikut ini resepnya!

Bahan-bahan
Belacan/terasi Medan
5 buah cabe merah
7 buah cabe rawit merah
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat
1/2 buah jeruk nipis
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat
Cuci bersih cabe, bawang, tomat potong - potong untuk memudahkan saat di ulek nanti, sisihkan. Kemudian panaskan minyak goreng dalam wajan.

Setelah itu masukan cabe, bawang tomat dan belacan/terasi Medan, goreng sampai matang tapi jangan terlalu lembek dan gosong. Jika sudah angkat dan letakkan di dalam cobek/ulekan

Tambahkan garam dan penyedap secukupnya lalu ulek sampai halus. Kalau  mau ditambah sedikit gula pasir juga boleh sesuai selera.

Terakhir peras air jeruk nipis di sambal yg sudah jadi kemudian aduk-aduk dan sajikan. Sambal belacan khas Medan telah siap di santap dan jadi teman makan yang nikmat. Selamat mencoba!
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US