Tip Top Medan, Restaurant dan Toko Roti Legendaris di Tanah Deli
Tip Top Medan (tiptop-medan.com)
Food
Kota Medan

Tip Top Medan, Restaurant dan Toko Roti Legendaris di Tanah Deli

Selasa, 20 Oktober 2020 09:30 WIB 20 Oktober 2020, 09:30 WIB

INDOZONE.ID - Jalan-jalan ke Medan, Sumatera Utara, jangan sampai lupa mampir ke salah satu restaurant dan toko roti legendaris di Medan yang satu ini, yaitu Tip Top Medan.

Restoran ini bukan sekadar menyajikan beragam menu makanan, roti, dan kue dengan citarasa khasnya, tapi ada warisan sejarah yang menghiasi perjalanan panjang Tip Top Medan.

Baru tiba di halaman depannya saja, kamu bisa tengok bangunan restoran Tip Top seperti gedung-gedung lama zaman Belanda dulu.

Memang, restaurant Tip Top Medan sudah ada sejak puluhan tahun lalu, bermula dari bisnis toko roti milik seorang pria bernama Jangkie di Jalan Pandu tahun 1929.

Tip Top Medan restaurant toko roti khas Medan
Tip Top tempo dulu (tiptop-medan.com)

Diambil dari nama sang pemilik -sebelum akhirnya berubah nama menjadi Tip Top, restoran dan toko roti legendaris di Medan ini dinamai dengan 'Jangkie'.

Barulah tahun 1934, toko roti Jangkie pindah lokasi ke Jalan Kesawan (sekarang namanya Jalan Jenderal Ahmad Yani) dan berganti nama menjadi Tip Top Restaurant.

Namun sayangnya, meski sudah populer dengan nama Tip Top, penggunaan nama tersebut masih dilarang selama terjadi invasi besar Jepang dari tahun 1942 sampai 1945.

Tip Top Restaurant diganti kembali menjadi Jangkie. Hingga pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945, Jangkie kembali mengganti nama tokonya itu dengan nama Tip Top Restaurant yang masih kokoh berdiri sampai sekarang.

Konsisten pada Konsep, Tradisi, dan Resep Kuno

sejarah tip top medan restaurant toko roti legendaris di medan
Tip Top Medan (tiptop-medan.com)

Latar belakang sejarah Tip Top Medan membuat nama tempat makan legendaris di Medan ini menjadi salah satu restoran tertua di Indonesia.

Makanan, roti, dan kue lezat di sini masih konsisten menggunakan resep kuno dari zaman dahulu, sejak kali pertama didirikan oleh Jangkie. Begitu pula dengan konsep dan tradisi restoran kebanggaan kota Medan ini.

Untuk menu-menunya, Tip Top Restaurant menyajikan berbagai masakan western, oriental, dan Indonesia, mulai dari bistik, pancake, hot plate, steak, dan bitterballen.

Khusus menu bistik, Tip Top Restaurant menyajikan Bistik Lidah Lembu, Bistik Udang, Bistik Ayam, dan Bistik Amerika. Kisaran harga dari Rp75.000 sampai Rp87.000.

Sedangkan untuk menu pancake, hot plate, steak, dan bitterballen bisa kamu nikmati dengan merogoh kocek dari Rp20.000 sampai Rp46.000. Terjangkau, kan?

Keunikan Rasa Es Krim Tip Top Medan

ciri khas rasa es krim Tip Top Medan Restaurant legendaris
Es krim Tip Top Medan (Instagram/@tiptopmedan)

Selain makanan, Tip Top juga menyajikan beragam variasi es krim, seperti Java, Ystaart, Pukler, Moorkop Ice, Carmen Ice, Mexicaner, Peach Melba, Donauwellen, dan Sorbet Tip Top.

Salah satu keistimewaan es krim Tip Top ini terletak pada resep dan proses pembuatannya yang masih sangat tradisional dengan mesin tungku kuno dari zaman penjajahan Belanda.

Slagroom, sebutan untuk proses pembuatan es krim Tip Top dengan bahan utama whipped cream dari susu sapi murni tanpa pengawet. Rasanya manis dan bertekstur padat.

Topping slagroom itulah yang membuat cita rasa es krim Tip Top begitu unik dan berbeda dari es krim modern lainnya.

Harganya mahal, dong? Tenang, untuk menikmati satu porsi es krim Tip Top, kamu cukup merogoh kocek dari Rp25.000 sampai Rp30.000 saja, kok.

Untuk mencicipi kelezatan menu masakan, termasuk es krim Tip Top, kamu bisa datang ke restoran ini dari pukul 08.00-22.30 WIB, buka setiap hari. Kalau kamu datang dari pukul 19.30 WIB, ada Live Music yang bakal membuat makan malam kamu jadi berkesan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU