10 Kuliner Medan Terkenal, Bisa Jadi Oleh-oleh Khas Medan
Sambal ikan teri Medan (Instagram/@numpangsaveresep.id)
Food
Nasional

10 Kuliner Medan Terkenal, Bisa Jadi Oleh-oleh Khas Medan

Senin, 03 Agustus 2020 15:57 WIB 03 Agustus 2020, 15:57 WIB

INDOZONE.ID - Kota Medan tak hanya istimewa karena tempat wisatanya yang menarik. Lebih dari itu, kuliner khas Medan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Kuliner khas Medan identik dengan rasa pedas. Belum lagi, citarasa rempah-rempah di setiap makanan khas Medan terasa sangat kuat.

Selain pedas, ada juga makanan khas Medan yang manis dan legit yang kerap dijadikan oleh-oleh dari Medan. Sebut saja bolu gulung Meranti dan kue bika Ambon.

Ragam Kuliner Medan, Bisa Jadi Oleh-oleh Khas Medan 

Kalau kamu tertarik mencoba makanan khas Medan, yuk simak ulasan berikut, ragam kuliner khas Medan yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh Medan.

1. Lontong Medan Kak Lin

Kuliner Medan yang wajib kamu coba saat pertama kali tiba di Tanah Deli adalah lontong Medan. Kudapan ini mungkin bisa kamu jumpai di kota-kota lain, tapi ada keunikan tersendiri dari lontong Medan.

Lalu, apa yang membuat rasa lontong Medan berbeda dari yang lain? Lontong Medan rasanya lebih lemak karena ada campuran santan dan tauco.

Selain itu, isian lontong Medan pun ramai seperti mie, sambal teri kacang, perkedel, bumbu kacang, dan bumbu kacang.

Lontong Medan bisa kamu temui di sepanjang jalan Kota Medan, terutama di pagi hari. Namun dari semua warung lontong Medan, yang paling recommended adalah Lontong Medan Kak Lin.

Tempatnya berada di Jl. Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan. Untuk harga satu porsi lontong Medan dimulai dari Rp5.000 sampai Rp15.000.

2. Nasi Kentut

kuliner khas Medan nasi kentut
Nasi kentut Medan (Instagram/@icipiniki)

Kuliner nasi khas Medan ini memiliki nama yang aneh. Dinamakan nasi kentut karena dibungkus dengan sebuah daun. Nah, daun pembungkus inilah yang memberikan aroma nikmat pada nasi kentut.

Nasi kentut Medan terdiri dari berbagai macam lauk pauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe dan sambal khas Sumatera Utara.

3. Mie Aceh Titi Bobrok Medan

Ingin mencicipi makanan khas Medan berbahan dasar mie? Nah, kamu perlu mampir sebentar ke warung Mie Aceh Titi Bobrok Medan. Tempat makan enak di Medan ini selalu ramai pengunjung.

Sesuai namanya, menu paling spesial di sini adalah mie aceh dengan beragam campuran, seperti mie aceh daging, kepiting, udang, dan mie aceh komplit.

Soal harga masih terjangkau kok sekitar Rp10.000 per porsi. Kalau ingin mencoba, silahkan datang langsung ke Mie Aceh Titi Bobrok di Jalan Setia Budi No. 17D, Sei Sikambing B, Medan Sunggal.

4. Soto Medan Sinar Pagi

kuliner khas Medan soto Medan Sinar Pagi
Soto Medan Sinar Pagi (Instagram/@lie_zhuu)

Soto Medan punya ciri khas tersendiri yaitu pada kuah santan dengan warna kuning kehijauan. Tambahan jintan sebagai rempah-rempah andalan soto Medan pun terasa begitu kuat.

Selain kuah kentalnya, isian soto Medan juga beragam, mulai dari daging sapi/ayam, perkedel kentang, serta peyek udang.

Salah satu kuliner soto Medan terbaik yang wajib kamu coba ada di Rumah Makan Sinar Pagi. Alamatnya berada di Jalan Sei Deli No. 2, Silalas, Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara. Harga satu porsi soto Medan mulai dari Rp25.000.

5. Bihun Bebek Kumango Warung Asie

makanan khas Medan bihun bebek kumango warung asie
Bihun bebek kumango warung asie (Instagram/@bionationology)

Bihun bebek bisa menjadi pilihan makanan khas Medan. Untuk mencicipinya, kamu boleh mampir ke Bihun Bebek Kumango Warung Asie di Jalan Kumango, Kesawan, Medan Barat.

Harga seporsi bihun bebek kumango terbilang cukup mahal yaitu Rp60.000. Tapi, harga itu sudah sesuai dengan lezatnya rasa bihun bebek dengan kuah sup segar.

6. Es Krim Tip Top

kuliner Medan halal es krim Tip Top
Es krim Tip Top (Instagram/@nandakeumala)

Restoran Tip Top di Jalan Kesawan Kota Medan ini sudah berdiri sejak tahun 1934. Beragam menu yang tersedia di restoran 'zaman Belanda' ini begitu menggugah selera, salah satu yang paling ikonik adalah es krim dengan campuran kue tart.

Untuk harga satu scoop es krim Tip Top bervariasi, mulai dari Rp10.000 hingga puluhan ribu. Selain es krim, ada pula menu makanan lainnya yang diolah dengan cara tradisional.

7. Kue Bika Ambon

Namanya memang Bika Ambon, tapi kue manis berongga ini bukan berasal dari Ambon. Bika ambon terilhami dari kue khas Melayu bernama Bika atau Bingka.

Disebut Bika Ambon karena kue ini pertama kali dijual dan populer di simpang Jalan Ambon, Medan. Bika Ambon dibuat dari bahan dasar telur, gula, santai dengan varian rasa seperti durian, keju, dan cokelat.

8. Ikan Teri Nasi (Teri Medan)

kuliner khas Medan ikan teri nasi teri Medan
Ikan teri Medan (Instagram/@numpangsaveresep.id)

Ikan teri Medan atau disebut ikan teri nasi punya kualitas lebih tinggi daripada ikan teri lainnya, terutama kandungan gizinya.

Bagi masyarakat Medan, biasanya ikan teri Medan disajikan menjadi sambal dengan cabai merah atau cabai rawit, camilan hingga pelengkap masakan.

Ciri khas ikan teri Medan ada pada ukurannya yang sangat mini dibanding ikan teri lain. Soal harga, bisa dibilang masih terjangkau, mulai dari Rp30 ribuan per 150 gram.

9. Kue Ombus-ombus

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOZONE - FOOD (@indozonefood) on

Pernah mendengar kue ombus-ombus khas Medan? Kalau belum, kamu wajib nih cobain kue ombus-ombus yang terbuat dari tepung beras yang di dalamnya diberi gula. Biasanya, ombus-ombus dibungkus dengan daun pisang.

Kenapa dinamai ombus-ombus? Karena, dulunya kue ini dimakan dalam kondisi masih hangat. Jadi saat hendak memakan kue ini, harus dihembus-hembus dulu.

Bagi masyarakat suku Batak, kue ombus-ombus biasa disajikan pada jamuan acara adat. Lebih enak jika dimakan bersama kopi atau teh panas.

Tekstur lembut, sedikit lengket dan rasanya manis menjadi ciri khas kue ombus-ombus dari Medan. Nah, kamu sendiri tertarik cobain? Harganya murah kok, hanya Rp1.000/kue.

10. Bolu Meranti

oleh oleh khas Medan bolu Meranti
Bolu Meranti Medan (Instagram/@bolumerantimedann_)

Seperti yang disebut di awal, Bika Ambon dan Bolu Meranti kerap dibawa pulang para wisatawan sebagai oleh-oleh khas Medan .

Camilan ini bentuknya berupa bolu gulung dengan rasa bervariasi, seperti keju, blueberry, cokelat, nanas, stroberi, hingga abon ayam.

Di Medan sendiri, ada dua outlet Bolu Meranti yang bisa kamu datangi yaitu di Jalan Kruing No.2 dan di Jalan Sisingamangaraja No. 19B. 


Nah, itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Medan, makanan khas Medan halal, serta oleh-oleh khas Medan yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Tanah Deli.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU