Benarkah Durian Bisa Sebabkan Alergi?
Ilustrasi buah durian. (ANTARA FOTO)
Food
Nasional

Benarkah Durian Bisa Sebabkan Alergi?

Minggu, 12 Juli 2020 20:27 WIB 12 Juli 2020, 20:27 WIB

INDOZONE.ID - Ada yang mengatakan bahwa buah durian bisa menyebabkan alergi. Benarkah demikian?

Kabar itu pun dijawab oleh seorang dokter bernama Benjamin Loh yang bertugas di DTAP Clinic Bencoolen, Singapura. Dia mengatakan, buah durian bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Jadi, reaksi alergi ini bisa muncul ketika tubuh salah mengartikan sesuatu yang tidak berbahaya, seperti durian  menjadi sesuatu yang berbahaya dan reaksinya pun berlebihan. Misalnya muncul ruam, diare, muntah, pilek, atau bahkan sesak napas.

Menurut dia, pada orang-orang tertentu mungkin pernah mengalami alergi pada durian, namun dalam reaksi yang ringan sehingga tidak dapat dirasakan. Seiring berjalannya waktu, semakin sering terpapar alergen yang sama, maka tubuh akan menjadi peka dan mudah bereaksi.

Lalu, kandungan apa yang ada di dalam durian sehingga bisa menimbulkan reaksi alergi?

Ahli gizi dan pendiri Aptima Nutrition & Sports Consultants, Jaclyn Reutens mengatakan kandungan sulfur pada durian yang mungkin dapat menimbulkan alergi. Sebab, ada sebagian orang yang memang alergi terhadap sulfur.

"Selain senyawa sulfur, saya tidak melihat komponen lain dalam durian yang mungkin memicu reaksi apa pun," kata Jaclyn.

Banyak orang yang mengonsumsi antihistamin ketika reaksi alergi timbul. Padahal, dr Loh tidak menyarankan mengonsumsi anthistamin. Sebab, antihistamin tidak dapat mencegah seseorang dari reaksi alergi selanjutnya.

"Jika seseorang memiliki riwayat reaksi alergi parah terhadap durian, itu (antihistamin) tidak dianjurkan. Tidak ada cara untuk memprediksi bagaimana reaksi alergi berikutnya akan terjadi, terutama ketika ada potensi reaksi alergi yang mengancam jiwa," terang loh.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US