Mencicipi Kelezatan Spageti Ala Sumut, Mie Gomak Tiada Duanya
Ilustrasi mie (Shutterstock/Rafflesia69)
Food
Kota Medan

Mencicipi Kelezatan Spageti Ala Sumut, Mie Gomak Tiada Duanya

Minggu, 26 September 2021 16:15 WIB 26 September 2021, 16:15 WIB

INDOZONE.ID - Kuliner berbahan dasar mie sepertinya menjadi favorit banyak orang. Meski mie asalnya bukan dari Indonesia, tapi negeri ini punya ragam olahan mie yang terkenal sangat lezat. 

Salah satunya Mie Gomak, olahan ini sering disebut sebagai spageti ala Sumatera Utara (Sumut). Hal ini dikarenakan hidangan berbahan dasar mie lidi itu sudah menjadi bagian dari budaya suku Batak, salah satu suku yang ada di Sumut.

Mie ini biasanya bisa kamu temukan di penjual sarapan pagi. Disebut mie gomak karena saat mau di sajikan ke piring, mienya digomak (digenggam dengan tangan).

Namun di masa kini, pencampuran mie gomak dengan bumbu tidak lagi digomak melainkan memakai garpu atau sendok . Akan tetapi, masih ada beberapa pedagang masih saja menggenggam mie ini dengan tangan, tetapi tangan dilapisi kantong plastik atau kresek untuk menjaga kebersihannya.

Nah, soal memasak Mie Gomak di daerah Sumut ini, terbagi dua versi.
Pertama, cara masaknya digoreng. Mie lidi digoreng menggunakan rempah-rempah alami, sayur-sayuran dan kecap . Penyajian mie gomak goreng biasa nya lumuri dengan sambal-sambal khas sumut . Selebihnya tergantung selera masing para pembuatnya.

Kedua dengan cara direbus. Untuk mie gomak yang direbus , biasanya disajikan dengan kuah Santan, sambal dan kuah tauco (kuah pedas). Kemudian biasanya dihidangkan bersama telur, kerupuk, peyek, sambal teri dan lainnya.

Selain itu, penyajian mie gomak rebus juga sering digabungkan dengan lontong. Nah, cara ini kerap kali disajikan warga Sumut ketika sarapan.Memang,spageti ala Sumut ini begitu lezat dan cita rasanya tiada duanya.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumut, bila tak mencicipi Mie Gomak, rasanya kurang pas. Sebab, Mie Gomak ini wajib dicicipi bila berkunjung ke Sumut, hal itu dikarenakan mie tersebut merupakan makanan khas Sumut.


Artikel Menarik Lainnya:

Menjemput Ketenangan di Puncak Manalese, Negeri di Atas Awan Labura
Pengunjung Paton Bagan Asahan Jatuh ke Laut, Ditemukan Meninggal Dunia
Buron Selama 3 Tahun, Pemuda Aniaya Calon Istri Akhirnya Ditangkap
 

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU