Bika Bakar, Kue Mirip Serabi Khas Mandailing Natal
Bika Bakar Khas Mandailing Natal. (Instagram/@dekojams)
Food
Kab. Mandailing Natal

Bika Bakar, Kue Mirip Serabi Khas Mandailing Natal

Minggu, 01 Maret 2020 08:00 WIB 01 Maret 2020, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Kabupaten Mandailing Natal memiliki makanan enak yang bentuknya mirip seperti serabi. Makanan enak ini bernama Bika Bakar. Pembuatannya juga cukup unik karena menggunakan sabut kelapa.

Jika di Medan kita mengenal Bika Ambon, di wilayah selatan Provinsi Sumut tepatnya di Kabupaten Mandailing Natal, ada Bika Bakar atau Bika Maga. Bentuknya sekilas mirip seperti Serabi, makanan khas Jawa.

Bika Bakar terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah. Pembuatannya juga cukup unik dan masih tradisional karena masih menggunakan arang dan sabut kelapa.

Arang dan sabut kelapa digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak bika ini. Penggunaan sabut kelapa dan arang dimaksudkan agar Bika Bakar lebih mengembang. Bika Bakar yang tidak mengembang sempurna akan kelihatan kurang menarik dan rasanya juga berkurang.

Bika Bakar Mandailing Natal lebih mirip seperti Bika Minang khas Sumatera Barat daripada Bika Ambon Khas Medan. Perbedaan antara Bika Minang dengan Bika Bakar Mandailing Natal terletak pada bentuk dan warnanya. Bika Bakar Mandailing Natal lebih berwarna kecoklatan dibandingkan dengan Bika Minang yang lebih berwarna terang.

Penjual Bika Bakar tidak sulit ditemui. Biasanya penjual Bika Bakar sering ditemukan di Pasar Magar, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Kecamatan Lembah Sorik Marapi sering menjadikan Bika Bakar ini sebagai 'buah tangan'.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US