Resep Soto Udang Khas Medan, Kuahnya Gurih, Mantap!
Ilustrasi soto udang (Istimewa)
Food
Kota Medan

Resep Soto Udang Khas Medan, Kuahnya Gurih, Mantap!

Kamis, 21 Oktober 2021 09:05 WIB 21 Oktober 2021, 09:05 WIB

INDOZONE.ID - Kota Medan surganya makanan lezat. Salah satu makanan lezat tersebut adalah soto. Namun jika umumnya soto disajikan dengan daging sapi, ayam, ataupun kambing, di Kota Medan soto juga dibuat dari bahan dasar udang, alias soto udang.

Soto udang ini berkuah kental dengan rasanya gurih segar. Kuliner ini akan sangat gampang kamu temui di warung ataupun rumah makan soto di Kota Medan. Tapi daripada membelinya di luar, bagaimana kalau kita membuatnya sendiri.

Tak perlu bingung soal resepnya karena berikut Indozone telah merangkumnya untukmu. Simak!

Bahan utama
300 gram udang ukuran besar yang sudah dibersihkan dan dibuang kepala dan kulitnya
70 ml santan 
1 sendok teh garam
2 lembar daun jeruk
1 batang serai
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas

Bahan halus: 
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 batang kunyit seukuran 5-7 cm
1/2 sendok teh jintan
1/2 sendok teh ketumbar
3 butir kemiri
1/4 lada

Cara membuat
Pertama buatlah kaldu udang terlebih dahulu. Caranya bersihkan udang, namun jangan buang kepala dan kulitnya. Cuci bersih di air yang mengalir supaya tidak ada lagi kotoran yang menempel, lalu tiriskan.

Kucuri kepala dan kulit udang dengan perasan jeruk nipis, diamkan beberapa saat untuk menghilangkan bau amisnya.

Siapkan 3 bawang putih yang digeprek dan dicincang, jahe 5 cm yang sudah diiris tipis, 1 buah bawang bombay ukuran kecil sampai sedang, 2 batang daun bawang diiris tipis. 


Setelahnya sangrai bawang putih dan jahe sampai harum, masukkan kepala dan kulit udang tadi. Aduk-aduk dan masak sampai berubah warna.

Kemudian tuang 1 liter air dan masukkan bawang bombay yang sudah dipotong-potong kasar dan daun bawang. Biarkan mendidih sambil sesekali diaduk.

Setelah mendidih dan menyusut, matikan api dan saring untuk mendapatkan air kaldu yang jernih.

Nah, untuk membuat soto udang ini, kamu hanya membutuhkan 350 ml saja. Jika bersisa, kamu bisa menyimpannya dalam freezer untuk campuran makanan lain atau diolah menjadi soto kembali.

Setelah kaldu jadi, lanjut menumis bumbu halus. Bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi ditumis sampai harum. Tambahkan daun jeruk, serai, daun salam, dan lengkuas. Masak sampai semua bahan layu. Lalu tambahkan air kaldu dan santan, aduk kembali sampai tercampur rata.

Kemudian kecilkan api, masukkan udang dan taburkan garam. Masak sampai mendidih, tes rasanya, dan jika sudah pas, matikan api. 

Soto udang pun sudah jadi. Namun seperti soto lainnya, soto udang bisa disajikan bersama bahan tambahan lain seperti tauge, bihun, tomat, dan telur rebus.

Kamu bisa mengoperasikannya sesuai selera. JIka sudah jangan lupa taburi bawang goreng dan daun seledri di atas hidangan soto.

Soto udang khas Medan yang berkuah kental pun siap disantap. Dijamin rasanya mantap! Selamat mencoba ya!


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US