Resep Kue Dangai, Cemilan Khas Batu Bara yang Hampir Langka
Kue Dangai khas Batu Bara (Istimewa)
Food
Kab. Batu Bara

Resep Kue Dangai, Cemilan Khas Batu Bara yang Hampir Langka

Kamis, 07 Oktober 2021 17:42 WIB 07 Oktober 2021, 17:42 WIB

INDOZONE.ID - Kabupaten Batu Bara memiliki cemilan khas yang sangat istimewa bernama Kue Dangai. Terbuat dari kelapa yang diparut, kue ini benar-benar menunjukan jati diri orang Melayu yang dahulu kala kebanyakan bermukim di tepi pantai dengan komoditas kelapa sebagai tanaman utamanya.

Di Batubara sendiri, kue ini dapat ditemui dalam hidangan sesaji untuk tamu. Kue Dangai termasuk dalam jenis kue basah. Kue ini terbuat dari tepung pulut yang dicampur dengan gula dan kelapa pilihan.

Teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis, membuat kue ini banyak digemari orang. Sayang seiring perkembangan zaman, kue ini semakin sulit dijumpai.

Namun jangan khawatir kamu bisa membuat kue ini sendiri di rumah. Berikut Indozone telah merangkum resepnya!

Bahan-bahan:
2 Biji Kelambe (kelapa)
Kelapa yang digunakan adalah kelapa  yang sederhana mudanya alias tidak terlalu tua. Jangan gunakan kelapa tua karena nanti akan mempengaruhi cita rasa kue.
1 mangkuk (250ml) tepung pulut atau tepung ketan merek apa saja. Namun pastikan tepung pulut/ketan putih yang digunakan berwarna putih bukan yang hitam.
2 sendok gula pasir, (bukan sendok makan tapi sendok nasi).
1 sendok makan garam halus (untuk sensasi asin lemak)

Cara membuat
Pertama buat adonan. Masukkan kelapa parut ke dalam mangkuk. Campur dengan tepung, tambahkan air serta garam. Aduk secara merata.

Kedua, panaskan sebentar loyang atau acuan Kue Dangai pada suhu 160°C selama 10 menit. Sambil itu oles rata permukaan dan dinding loyang dengan sedikit minyak goreng yang bertujuan supaya kue tidak lengket pada loyang. Baru masukan adonan tadi.

Ketiga, padatkan adonan dengan sendok dengan cara menekan pelan pelan pada Loyang. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati agar kue padat dan tidak mudah pecah ketika dimasak apa lagi saat di potong-potong untuk disajikan nanti.
Keempat, bakar (masak) adonan dengan suhu 145°C - 150°C pada oven listrik, atau jika menggunakan oven tradisional bakar dengan api atas bawah agar masak dengan merata.

Setelah masak, kue bisa langsung dipotong-potong dan bisa langsung dihidangkan. Selamat mencoba resepnya!.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US