Sejarah Singkat Mengapa Bika Ambon Berasal dari Medan
Ilustrasi bika ambon. (Instagram/fen.z)
Food
Kota Medan

Sejarah Singkat Mengapa Bika Ambon Berasal dari Medan

Senin, 03 Agustus 2020 14:56 WIB 03 Agustus 2020, 14:56 WIB

INDOZONE.ID - Siapa yang tak mengenal Bika Ambon. Kue berwarna kuning, bertekstur kenyal, serta memiliki lubang pori-pori ini begitu terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Medan. Meski kue ini menyandang nama Ambon, kue ini bukan berasal dari Ambon, melainkan asli dari Medan.

Kira-kira ada sejarah apa di balik nama Bika Ambon ya?

Sebenarnya, tidak ada informasi yang pasti di balik sejarah penamaan Bika Ambon. Ada banyak versi cerita mengenai asal muasal Bika Ambon.

Dalam buku Bunga Angin Portugis di Nusantara,  Jejak-jejak Kebudayaan Portugis di Nusantara (2008) karya Paramita R Abdurrahman, disebutkan bahwa salah satu peninggalan Portugis di Maluku adalah tradisi kuliner, salah satunya kue Bika. Namun sayangnya, tidak ada penjelasan bagaimana kue tersebut dibawa atau diperkenalkan oleh orang Ambon ke Medan.

Selain itu, ada cerita lain yang mengatakan bahwa nama Bika Ambon berasal dari seorang penjual kue Bika yang pertama kali di simpang Jalan Ambon. Kue Bika yang di Jalan Ambon begitu populer dan terkenal lezat. Sehingga orang-orang menyebutnya Bika Ambon.

Lalu, ada juga cerita lain yang mengatakan bahwa Bika Ambon berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia dan membawa kue bika. Setelah tau rasanya enak, orang itu tidak kembali ke Ambon, melainkan singgah di Medan.

Kue Bika sendiri merupakan salah satu kue khas Melayu yang biasa disebut Bika atau Bingka. Kemudian, adonan kue Bika dimodifikasi dengan menambahkan pengembang dari air Nira atau tuak Enau agar bentuknya berbeda dari kue Bika khas Melayu tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU