Fakta Menarik! Ternyata, Penyedap Rasa Bisa Menjadi Pengganti Garam
Ilustrasi penyedap rasa. (Pixabay)
Food
Nasional

Fakta Menarik! Ternyata, Penyedap Rasa Bisa Menjadi Pengganti Garam

Senin, 26 Oktober 2020 19:43 WIB 26 Oktober 2020, 19:43 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang yang sengaja menghindari penyedap rasa atau MSG saat memasak karena dinilai kurang baik untuk kesehatan. Namun faktanya adalah MSG bisa menjadi alternatif pengganti garam, lho!

Hal itu diungkapkan oleh Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB, Prof Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, C.Ht yang mengatakan bahwa bumbu-bumbu umami atau penyedap rasa seperti MSG bisa menjadi pengganti garam dapur.

"Untuk menyiasati pengurangan asupan garam atau diet rendah garam, kita dapat mengganti penggunaan sebagian garam dengan bumbu umami seperti MSG," kata Ahmad Sulaeman melansir Antara, Senin (26/10).

Dijelaskan Ahmad Sulaeman, komposisi MSG sendiri terdiri dari asam glutamat 78 persen, natrium 12 persen, dan air 10 persen, dan merupakan zat gizi.

Nah, asam glutamat sendiri sebenarnya banyak terkandung dalam bahan makanan kita sehari-hari seperti telur, ikan, daging, dan juga sayuran.

"MSG bukan unsur kimia yang berbahaya. Bahan bakunya dari tetes tebu melalui proses fermentasi," kata dia.

Lebih lanjut lagi, menurut Ahmad Sulaeman, MSG juga bagus pengganti garam karena bisa membuat makanan memiliki cita rasa yang tinggi, namun rendah garam.

"Kandungan natrium pada MSG itu hanya sepertiga kandungan natrium pada garam dapur normal, dan sudah banyak juga penelitian terdahulu yang membuktikan bahwa penggunaan MSG bermanfaat untuk membantu penurunan asupan garam namun tetap menjaga palatabilitas makanannya," kata dia.

Dengan mengonsumsi makanan rendah garam, maka bisa meningkatkan imunitas tubuh karena bisa menekan faktor pemicu penyakit degeneratif seperti hipertensi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US