Sudah Tahu yang Namanya Monyet Kedih? Primata Asli dari Sumatera
Monyet Kedih. (flickr.com)
Fakta Dan Mitos
Kota Medan

Sudah Tahu yang Namanya Monyet Kedih? Primata Asli dari Sumatera

Minggu, 31 Mei 2020 19:17 WIB 31 Mei 2020, 19:17 WIB

INDOZONE.ID - Selain terkenal dengan kekayaan alam dan kuliner, Pulau Sumatera juga kaya akan flora dan fauna. Bahkan sebagain fauna hanya bisa ditemukan di Sumatera sehingga menjadi satwa endemik yang nyaris punah.

Selain harimau, gajah, dan orangutan Sumatera, ada juga yang namanya monyet kedih yang merupakan primata asli dari Sumatera.

Dihimpun dari berbagai sumber, Presbytis Thomasi atau Thomas Leaf Monkey alias monyet kedih dapat ditemukan di kawasan Aek Nauli, Bahorok, hingga ke Aceh Singkil.

Monyet kedih mempunyai ciri tubuh bagian atas berwarna abu-abu gelap dengan corak kehitaman dan putih. Selain itu monyet kedih juga identik dengan jambul di atas kepalanya.

Saat malam hari, biasanya monyet kedih akan bersahut-sahutan dengan suara yang kuat untuk mengumpulkan anggotanya. Uniknya lagi, monyet kedih dapat mengenali anggotanya dengan suara tersebut.

Beberapa daerah menyebut monyet kedih dengan nama lutung rangka, bodat, atau kek-kia.

Adapun makanan utamanya berupa dedaunan, buah-buahan, serangga, hingga bunga- bunga. Di sisi lain, monyet kedih juga dapat membantu regenerasi tumbuhan di hutan dengan menyebarkan biji buah-buahan di hutan.

Namun senasib dengan satwa endemik Sumatera lainnya, populasi monyet kedih juga terancam punah akibat berbagai faktor.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US