Yuk Kenalan dengan Gajah Sumatera, Si Besar Satwa Endemik Sumatera
Elephas maximus sumatranus alias gajah Sumatera. (photo/commons.wikimedia.com)
Fakta Dan Mitos
Nasional

Yuk Kenalan dengan Gajah Sumatera, Si Besar Satwa Endemik Sumatera

Kamis, 21 Mei 2020 14:54 WIB 21 Mei 2020, 14:54 WIB

INDOZONE.ID - Berbicara tentang hewan endemik, selain hariumau, Sumatera juga punya gajah. Adalah Elephas maximus sumatranus alias gajah Sumatera.

Dirangkum dari berbagai sumber, gajah Sumatera masuk ke dalam spesies gajah Asia namun hanya hidup di Pulau Sumatera. Hewan besar ini tinggal di hutan- hutan dataran rendah di bawah 300 meter dpl.

Populasinya tersebar di sejumlah provinsi di Sumatera mulai dari Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan hingga Lampung.

Adapun ciri khas gajah Sumatera meliputi, kulit yang lebih terang daripada gajah Asia lain. Kupingnya berbentuk segitiga dan terlihat flek kemerahan .

Gajah jantan Sumatera mempunyai gading sedangkan gajah betina tidak punya (kalaupun ada hanya kecil).

Selain itu ia juga mempunyai dua tonjolan pada kepalanya yang tidak dipunyai oleh gajah Afrika.

Sama seperti kucing, gajah juga termasuk hewan nocturnal (aktif pada malam hari). Gajah cuma butuh tidur 4 jam dalam sehari semalam, sisanya untuk mencari makan, menjelajah, berkubang dan bermain.

Sebagai hewan herbivora, gajah Sumatera bertahan hidup dengan memakan rumput- rumputan, daun, ranting pohon, umbi-umbian hingga buah-buahan.

Sebagai sesama hewan endemik, gajah Sumatera dan harimau Sumatera agaknya memang senasib. Kedua satwa penghuni hutan Sumatera ini terancam punah karena berbagai faktor.

Bahkan terhitung sejak 25 tahun terakhir, Pulau Sumatera telah kehilangan 70% hutan tropis yang merupakan habitat gajah Sumatera.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US