Sepotong Kisah Sejarah Batu Lobang Tapanuli Tengah
Batu Lobang di Tapanuli Tenga. (Tripadvisor)
Fakta Dan Mitos
Kab. Tapanuli Tengah

Sepotong Kisah Sejarah Batu Lobang Tapanuli Tengah

Minggu, 23 Februari 2020 14:00 WIB 23 Februari 2020, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Batu Lobang di Kabupaten Tapanuli Tengah memang cukup fenomenal. Goa yang berbentuk terowongan ini ternyata menyimpan cerita sejarah mengenai penjajahan Belanda di wilayah Tapanuli.

Goa ini sebenarnya bernama Goa Belanda tetapi masyarakat setempat dan wisatawan sering menyebutnya dengan istilah Batu Lobang. Lokasi Batu Lobang berada Jalan Lintas Tarutung-Sibolga tepatnya di Dusun Simaninggir, Desa Bonandolok, Kecamatan Sitahuis.

Berdasarkan kisah yang beredar, keberadaan Batu Lobang tidak terlepas dari sejarah penjajahan Belanda di Tapanuli. Sekitar tahun 1930-an, Belanda memerintahkan dan memaksa rakyat Tapanuli untuk membongkar batu tersebut. Pada awalnya Batu Lobang hanya sebuah bukit batu di wilayah Tapanuli. Tetapi Belanda ingin membuat lubang di bukit batu itu agar mempermudah mereka mengangkut hasil bumi rakyat dari Tanah Batak.

Banyak warga Tapanuli yang meninggal karena membongkar bukit batu itu. Berdasarkan cerita yang beredar, rakyat Tapanuli yang meninggal saat mengerjakan Batu Lobang dibuang ke jurang dan mayatnya tidak dikubur.

Kini bagi orang-orang yang ingin menuju Kota Sibolag dari arah Tarutung pasti akan melewati Batu Lobang. Sebenarnya ada dua Batu Lobang di lokasi itu. Jarak antara satu Batu Lobang dengan Batu Lobang lainnya sekitar 70 meter. Batu Lobang kedua lebih besar dan lebih panjang daripada Batu Lobang yang pertama.

Melintas di Batu Lobang seperti merasa masuk ke dalam goa atau terowongan. Tidak hanya disinggahi, Batu Lobang juga kerap dijadikan sebagai spot foto bagi sebagian orang.

Para pengendara yang melintas di Batu Lobang harus bergantian. Hal ini karena Batu Lobang hanya bisa dilewati satu arah saja. Kendaraan terutama roda empat, tidak bisa melintasi Batu Lobang dari arah berlawanan secara bersamaan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU