Ini Dia Badak Sumatera, Megafauna yang Populasinya Langka
Badak Sumatera. (worldwildlife.org)
Fakta Dan Mitos
Kota Medan

Ini Dia Badak Sumatera, Megafauna yang Populasinya Langka

Minggu, 21 Juni 2020 18:00 WIB 21 Juni 2020, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Keanekaragaman fauna Sumatera salah satunya diisi oleh megafauna (hewan besar) bernama Badak Sumatera alias badak berambut atau badak Asia bercula dua.

Mempunyai nama latin (Dicerorhinus sumatrensis), badak Sumatera merupakan spesies langka yang patut dilestarikan.

Dihimpun dari id.wikipedia.org, badak Sumatera termasuk jenis badak terkecil dari badak lainnya. Karakteristiknya meliputi, mempunyai tinggi 1-1,5 meter dengan berat rata-rata 600-950 kg, mempunyai 2 cula pada hidung dan diselimuti rambut coklat kemerahan.

Adapun habitat Badak Sumatera meliputi hutan rawa dataran rendah hingga perbukitan. Namun biasanya hewan ini lebih menyukai dataran rendah karena mudah mencari makan berupa dedaunan dan ranting pohon.

Selain itu Badak Sumatera juga termasuk hewan penyendiri kecuali saat musim kawin dan memelihara anaknya. Uniknya spesies badak ini berkomunikasi dengan cara menandai tanah, meninggalkan kotoran, memelintir pohon kecil hingga membentuk pola.

Namun seiring perkembangan zaman, populasi Badak Sumatera kian terancam punah. Pasalnya, selama bertahun-tahun ancaman bagi hewan ini adalah perburuan liar untuk mengambil cula-nya. Konon katanya cula badak dapat digunakan sebagai campuran bahan obat tradisional.


Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU