Satu Lagi Satwa Unik dari Sumatera, Dialah Tapir Asia
Tapir Asia. (id.wikipedia.org)
Fakta Dan Mitos
Nasional

Satu Lagi Satwa Unik dari Sumatera, Dialah Tapir Asia

Minggu, 14 Juni 2020 12:00 WIB 14 Juni 2020, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Ragam kekayaan fauna Sumatera salah satunya diisi oleh hewan bernama Tapir Asia. Mempunyai nama latin Tapirus indicus, hewan ini menjadi salah satu satwa langka dan dilindungi di Indonesia khususnya pulau Sumatera.

Dirangkum dari berbagai sumber, hewan ini disebut tapir Asia karena merupakan satu-satunya tapir yang berasal dari benua Asia.

Rata-rata, tapir Asia dapat hidup sampai usai 30 tahun. Adapun yang membedakaan tapir Asia dengan tapir lainnya yakni ukuran yang lebih besar dan pertumbuhan yang lebih cepat.

Lucunya, tapir Asia ini mirip dengan orang berkepribadian introvert. Ya, tapir Asia lebih senang menyendiri ketimbang berada dalam keramaian. Tak heran satwa ini juga disebut sebagai hewan pemalu.

Selain itu tapir Asia juga termasuk hewan nokturnal yakni lebih aktif pada malam hari sehingga pada siang hari ia akan istirahat.Namun entah mengapa justru indra penglihatan tapir Asia kurang baik. Untungnya indra pendengaran dan penciumannya sangat tajam sehingga dapat diandalkan.

Sekilas perawakan tapir Asia yang mempunyai moncong panjang mengingatkan kita pada sosok babi. Hanya saja, bulunya terdiri atas dua warna yakni hitam dan putih. Tapir Asia sendiri sebenarnya masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan badak dan kuda.

Untuk makanannya, tapir Asia tergolong hewan herbivora di mana ia makan tumbuhan seperti dedauan dan umbi-umbian.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US