Kecantikan Alam Sumatera Berhias Bunga Raksasa Rafflesia Arnoldi
Bunga Rafflesia Arnoldi. (pinterest.com)
Fakta Dan Mitos
Nasional

Kecantikan Alam Sumatera Berhias Bunga Raksasa Rafflesia Arnoldi

Minggu, 14 Juni 2020 14:00 WIB 14 Juni 2020, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Rafflesia Arnoldii merupakan tumbuhan parasit dari genus Tetrastigma yang merambat di batang pohon, mempunyai bunga sangat besar, dan berbau busuk.

Saking besarnya Rafflesia Arnoldii disebut sebagai bunga terbesar di dunia. Bunga ini juga ditetapkan sebagai flora khas dari provinsi Bengkulu atau bunga endemik Sumatera.

Uniknya, bunga Rafflesia tidak mempunyai akar dan batang, yang ada hanya kelopak bunga yang berwarna kemerah-merahan saja.

Dihimpun dari berbagai sumber, bunga Rafflesia Arnoldii pertama kali ditemukan di hutan tropis Sumatera pada tahun 1818.

Nama Rafflesia Arnoldii merupakan gabungan dari Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga raksasa berbau busuk tersebut.

Meski berbau busuk, Rafflesia Arnoldii berbeda dari bunga bangkai (Amorphpophallus Titanium). Adapun ciri-ciri bunga Rafflesia Arnoldii yakni terdiri dari 5 mahkota bunga yang melebar.

Saat melebar, diamenternya dapat mencapai 70-110 cm dengan tinggi sekitar 50 cm dan berat kira-kira 11 kg.

Bunga ini berkembangbiak dalam waktu 9 bulan dengan masa mekar 5-7 hari lalu setelahnya akan layu dan mati.

Sebagai flora endemik nan langka di Sumatera, sayangnya kelestarian Rafflesia Arnoldi semakin hari semakin terancam punah akibat berbagai faktor.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US