Flora Endemik Nan Unik Asal Sumatera Utara Ini Bernama Daun Sang
Daun sang. (wikiwand.com)
Fakta Dan Mitos
Kab. Langkat

Flora Endemik Nan Unik Asal Sumatera Utara Ini Bernama Daun Sang

Minggu, 21 Juni 2020 10:00 WIB 21 Juni 2020, 10:00 WIB

INDOZONE.ID - Johannestijsmania altifrons alias daun sang merupakan flora endemik Sumatera Utara yang berbentuk unik. Pasalnya, tumbuhan ini, mempunyai daun raksasa yang lebarnya dapat mencapai 6 meter.

Umumnya, daun sang ditemukan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Sekilas, daun sang tampak seperti dedaunan saja. Namun ternyata daun sang mempunyai batang yang menopang besarnya daun. Hanya saja batanag tersebut tersembunyi di dalam tanah sehingga tidak kelihatan.

Seperti daun pada umumnya, daun sang berwarna hijau mengkilap yang mirip dengan daun kelapa. Permukaan daunnya bergurat dan tepiannya bergerigi.

Dilansir dari indonesia.go.id, daun sang pertama kali ditemukan pada awal abad ke-19 di pedalaman Sumatera oleh seorang profesor botani asal Belanda bernama Teijsman atau Elias Teymann Johannes.

Tanaman ini masuk dalam anggota genus Johannestijsmania, sejenis pinang-pinangan atau palem (Arecaceae) yang tumbuh hanya di kawasan hutan Asia Tenggara.

Hal unik dari daun sang adalah hanya tumbuh di tempat yang tidak terpapar matahari secara langsung seperti naungan pohon rindang.


Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US