Jangan Salah, Ini Waktu Terbaik untuk Memakai Masker Wajah
Ilustrasi memakai masker wajah (Pixabay/Olesia Bekh)
Beauty
Nasional

Jangan Salah, Ini Waktu Terbaik untuk Memakai Masker Wajah

Rabu, 15 Desember 2021 08:00 WIB 15 Desember 2021, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Memakai masker wajah tidak boleh sembarangan. Selain harus memperhatikan jenis kulit, masker wajah juga harus dipakai di waktu yang tepat.

Meskipun, waktu terbaik memakai masker wajah sebetulnya tak melulu soal waktunya, tapi juga ditentukan oleh tipe masker wajah yang digunakan.

Nah, ketika memilih masker wajah, carilah produk yang bisa membantu mengatasi masalah kulit yang sedang kita hadapi.

 masker wajah (Pixabay/Jacob Ammentorp Lund)
Ilustrasi memakai masker wajah (Pixabay/Jacob Ammentorp Lund)

Melansir dari Byrdie, kulit berminyak, misalnya, dianjurkan memilih masker wajah dengan kandungan seperti charcoal, retinol, atau clay yang dapat membantu mengangkat kelebihan minyak di kulit.

Sedangkan kulit dehidrasi (kurang air) atau kering (kurang minyak) bisa memilih masker dengan kandungan yang dapat menghidrasi kulit seperti lidah buaya, chamomile, dan ceramide.

Lantas kapan waktu terbaik memakai masker wajah?

Waktu terbaik memakai masker wajah tetaplah malam hari. Tapi, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan selain kapan waktu terbaik memakai masker wajah adalah memastikan jenis dan kandungan masker yang kita gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan kulit.

Menurut Healthline, jika memiliki kulit kering lebih dianjurkan menggunakan masker wajah sebelum mandi. Hal itu dilakukan untuk mengunci kelembaban yang didapatkan dari menggunakan masker dan mandi. Lalu pastikan melanjutkannya dengan menggunakan pelembab sesegera mungkin setelah mandi.

Sementara jika memiliki jenis kulit selain kulit kering, menggunakan mud atau charcoal mask, sheet mask, dan overnight mask dianjurkan untuk menggunakan masker wajah setelah mandi.

masker wajah (Pixabay/Voyagerix)
Ilustrasi memakai masker wajah (Pixabay/Voyagerix)

Mandi terlebih dahulu, terutama jika menggunakan air hangat, memungkinkan pori-pori kulit terbuka sehingga lebih siap untuk metode pembersihan wajah yang lebih dalam.

Adapun overnight mask, seperti namanya, adalah masker yang digunakan semalaman selama kita tidur. Untuk itu, penggunaannya sebaiknya dilakukan terakhir, setelah kita mengaplikasikan tahapan skincare lain.

Biasanya, pada urutan yang sama seperti pengaplikasian pelembab. Meski sering kali disertakan sebagai bagian dari rutinitas skincare malam hari, namun ada manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan masker di pagi hari.
 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US