Jangan Asal, Kenali Jenis Susu yang Bagus untuk Masker Wajah
Ilustrasi wanita memakai masker wajah dari campuran susu (Pixabay)
Beauty
Nasional

Jangan Asal, Kenali Jenis Susu yang Bagus untuk Masker Wajah

Minggu, 22 Agustus 2021 16:35 WIB 22 Agustus 2021, 16:35 WIB

INDOZONE.ID - Susu tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi, tetapi susu juga sering digunakan sebagai bahan campuran produk kecantikan salah satunya masker wajah.

Masker wajah dengan campuran susu banyak dipercaya bisa melembabkan, mencerahkan, mengencangkan, serta mengecilkan pori-pori kulit. Namun tidak semua jenis susu ternyata bisa digunakan sembarangan, terutama sebagai masker wajah.

Menurut hasil studi, susu yang bagus untuk masker wajah harus sudah diproses sedemikian rupa sehingga aman ketika diaplikasikan ke kulit atau dicampurkan sebagai bahan produk kecantikan.

Adapun jenis susu yang bagus untuk masker di antaranya yaitu:

1. Susu sapi

Susu sapi telah lama digunakan untuk perawatan. Tak heran jika sebagian besar produk perawatan kulit menggunakan susu sapi. Susu jenis ini termasuk yang familiar dan banyak digunakan berbagai kalangan untuk campuran masker wajah D.I.Y karena diyakini bagus untuk kulit.

Susu jenis ini mengandung vitamin A, D, dan asam laktat yang bertindak sebagai pembersih alami dan eksfoliator untuk kulit. Ini juga membantu mengangkat sel kulit mati, sekaligus merangsang sel yang baru.

2. Susu kambing

Nutrisi dalam susu kambing dilirik para produsen kecantikan karena dianggap mampu menangkal radikal bebas dan mengatasi kulit kusam. Di dalam susu kambing terdapat antioksidan, vitamin, serta senyawa alpha-hydroxyl acid (AHA) yang cocok untuk orang dengan permasalahan kulit sensitif dan jerawat.

Namun, penggunaan susu kambing yang tidak tepat bisa berakibat buruk bagi kulit. Disarankan untuk tidak mengolahnya dan meracik masker sendiri untuk menghindari efek samping.

3. Susu fermentasi 

Hasil studi yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information menyebut susu yang bagus untuk masker wajah bisa berupa susu fermentasi seperti yoghurt.
Tingkat keasaman yoghurt dinilai sama dengan kebutuhan pH kulit. Selain itu, tekstur yoghurt yang lembut juga aman bagi kulit wajah karena tidak akan membuat iritasi.


Artikel Menarik Lainnya:

Wapres Ma'ruf Amin: Vaksin Itu Perintah Agama, Bukan Sunnah Tapi wajib Hukumn ya
BMKG Imbau Warga Sumut Waspadai Potensi Hujan Lebat di Wilayah Pegunungan
Musim Hujan, Walkot Tebing Tinggi Ingatkan Warga Bantaran Sungai Waspada Banjir


 

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US